Canggih! AI Ini Bisa Bikin Musik Ala Band Rock Legendaris

LAZONE.ID - Komputer udah mulai bisa bikin musik secara otomatis

Artificial Intelligence (AI) semakin hari semakin canggih Bro. Lo mungkin biasanya melihat AI jadi bagian dari sebuah sistem keamanan, atau mungkin sistem dari mekanisme permainan dari video game yang biasa lo mainkan. Sekarang, salah satu produk kemajuan teknologi tersebut juga udah mulai masuk ke dunia musik. Salah satunya dengan cara menulis sebuah lagu.

Sebuah channel YouTube bernama Funk Turkey belum lama ini mengunggah sebuah video yang berisikan bot musik miliknya menciptakan sebuah lagu ala band legendaris AC/DC. Dengan nama AI/DC, bot tersebut menulis sebuah lagu yang punya gaya khas band cadas tersebut, Bro!

Gimana caranya bisa kayak gitu?



Jadi, untuk menciptakan lagu tersebut Funk Turkey mengirimkan lirik lagu kepada bot yang diklaim mampu menganalisis setiap kata secara terpisah. Setelah itu bot tersebut mengambil banyak kalimat populer dari lirik yang dimasukkan dan akhirnya diolah kembali dalam lyrics.rip sebelum akhirnya ditambahkan instrumen dan gaya vokal. Lagu buatan AI inipun diberi judul Great Balls, mengambil inspirasi dari salah satu lagu mereka berjudul Big Balls.

Tapi Bro, menurut Funk Turkey pekerjaan terberat yang dilakukan bot tersebut bukanlah menyusun kata demi kata jadi serangkaian lirik yang bermakna. Bagian tersulit tersebut adalah dalam hal menambahkan vokalnya. Software tersebut kesulitan untuk meniru suara khas vokalis AC/DC, Brian Johnson.

"Saya memasukkan lirik AC/DC ke dalam bot dan memintanya untuk menulis lagu. Juga, izinkan saya mengatakan bahwa berusaha bernyanyi seperti Brian Johnson sangatlah sulit," ujar sang YouTuber.

Gak cuma mampu mengakses lirik yang dimasukkan secara manual oleh penggunanya, bot ini juga mampu mengakses database dari lirik lagu yang beredar secara bebas di internet.

Buat lo yang penasaran, tonton aja nih video di bawah ini Bro!



Gimana Bro menurut lo, mirip sama AC/DC asli gak?