Cuma Bob Marley Yang Bisa Bikin Lagu Lewat Pidato!

LAZONE.ID - Loe pasti nggak nyangka jika lagu terkenal Bob Marley ini terinspirasi dari sebuah pidato.

Inspirasi buat bikin lagu bisa dari mana pun. Mulai curhatan teman sampai cerita loe ngenes diputusin mantan. Setiap cerita bisa dijadiin lagu, tapi nggak semua momen bisa. Misalnya sambutan Pak Camat atau Gubernur. Mau dibikin lagu gimana, isinya tentang himbauan bayar PBB tepat waktu. Tapi, lain hal kalau ngomongin Bob Marley.

Loe mungkin bakal nyerah dan buntu ide, tapi Bob bisa bikin lagu hanya dari sebuah pidato. Loe pasti kenal dengan lagunya yang berjudul War, kan? Usut punya usut, lagu ini terinspirasi dari celotehan Kaisar Ethiopia, Haile Selassie I. Saat itu, kaisar yang bernama asli Ras Tafari Makonnen tersebut sedang memberikan speech di forum PBB.

Tentunya ada korelasi antara pidato ini dengan Bob. Yup, speech ini adalah curhatan Haile atas rasisme yang terjadi di Afrika hingga berujung peperangan hebat saat itu. Bob sendiri sangat vokal dengan hal-hal seperti ini, sehingga ia sama sekali nggak kesulitan mengubah paragraf-paragraf menjadi bait-bait yang indah.

Salah satu liriknya bermakna sangat dalam. Misalnya aja, “We Africans will fight, we fint it necessary and we know we shall win as we are confident in the victory.” Nggak ada yang menyangka jika penggalan lirik di atas adalah bagian sebuah pidato.

Lagu ini pun mendapatkan berbagai macam reaksi Bro. Mulai dari mendukung hingga menciptakan kontroversi yang lebih ke ranah teknis. Penasaran dengan lagunya? Nih, enjoy it!