Deretan Band Indonesia yang Pernah Rekaman di Abbey Road

LAZONE.ID - Tempat rekaman legendaris nih Bro

Apakah lo kenal dengan nama Abbey Road?

Buat yang belum tau Abbey Road sendiri adalah tempat di Inggris, di mana band legendaris, The Beatles melakukan rekaman sekaligus pengambilan gambar untuk sampul albumnya yang ikonik itu. Bisa dibilang, studio Abbey Road ini jadi tempat yang sangat bergengsi buat banyak musisi di dunia karena nilai sejarah yang terdapat di dalamnya. Jadi, bisa dibilang Abbey Road studio adalah studio rekaman paling terkenal di Inggris dan Britania Raya, bahkan di seluruh dunia.

Ternyata nih Bro, ada juga musisi Indonesia yang pernah rekaman di studio legendaris ini. Siapa aja mereka?

/Rif


Band legendaris Indonesia, /Rif jadi salah satu grup musik yang pernah merasakan pengalaman rekaman lagu di tempat legendaris tersebut. Mereka melakukan rekaman pada tahun 2015 untuk memperingati ulang tahun band yang ke-21. Bahkan gak cuma rekaman aja Bro, musik yang mereka hasilkan di Abbey Road juga dipasarkan untuk para pendengar Eropa. Hal ini dilakukan sekaligus untuk memenuhi keinginan /Rif menembus pasar internasional.

GIGI


Band tahun 90an yang rekaman di Abbey Road bukan cuma /Rif, ada juga GIGI Bro. Bahkan band yang dipelopori oleh Armand Maulana ini melakukan rekaman satu tahun sebelum /Rif, tepatnya pada tahun 2014. Album yang dihasilkan dari rekaman tersebut bertajuk Live At Abbey Road yang dirilis pada tahun yang sama.

J-Rocks


Dari semua musisi Indonesia yang pernah rekaman di Abbey Road, kayaknya J-Rocks bisa jadi yang paling bangga, soalnya mereka adalah band Indonesia pertama yang berhasil melakukannya. Mereka membuat sebuah rekaman pada tahun 2008 setelah memenangkan ajang musik bergengsi dan berhasil melahirkan sebuah mini album yang berjudul ‘Road To Abbey’.

Maliq & D’Essentials


Tahun 2019 lalu, Maliq & D’Essentials menyusul jadi band Indonesia selanjutnya yang rekaman di Abbey Road. Layaknya /Rif yang rekaman di sana dalam rangka merayakan ulang tahun ke-21, Maliq & D’Essentials rekaman di studio legendaris tersebut dalam rangka merayakan ulang tahunnya yang ke-17. Di sini mereka merekam ulang beberapa lagu ikonik dari album pertama sampai album ketujuh.

D’Masiv


Mirip dengan Maliq & D’Essentials, D’Masiv juga rekaman di Abbey Road sebagai peringatan ulang tahun yang ke-17. Mereka merekam 20 lagu yang terdiri dari 10 musik elektrik dan 10 musik akustik. Rekaman dari Abbey Road ini dirilis bertepatan dengan ulang tahun ke-17 mereka tanggal 3 Maret 2020 yang lalu.