Fakta Menarik Perjalanan Karir Ari Lasso

LAZONE.ID - Solois ikonik ini bakal manggung di BOLD Music!

Siapa nih yang suka dengerin musik-musik pop rock dan glam metal ala Ari Lasso? Ada kabar baik buat lo semua karena Ari Lasso bakal hadir di BOLD Music Virtual Xperience tanggal 16 Desember ini!

BOLD Music bakal menghadirkan sebuah virtual konser pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi Multi 360 Cam yang berpadu dengan 4D Sound. Selain itu, tempatnya yang gak biasa juga bakal bikin pengalaman nonton konser virtual lo jadi berbeda. Gak cuma Ari Lasso, bakal ada juga musisi keren tanah air lainnya!

Generasi pecinta musik yang tumbuh di era 90an dan 2000an pasti gak asing deh sama Ari Lasso. Bahkan mungkin hingga saat ini dirinya masih jadi salah satu solois paling tenar di Indonesia. Musik pop rock dipadukan dengan profil suara bernada tinggi yang dimilikinya jadi salah satu daya tarik Ari Lasso ketika tarik suara di atas panggung. Penyanyi bernama Ari Bernardus Lasso sering tampil dengan gaya khasnya yaitu rambut gondrong dan menggunakan kacamata.

Bagi pecinta musik Indonesia di era tahun 90an juga mungkin lebih mengenal bahwa Ari Lasso adalah mantan vokalis band Dewa 19 yang melegenda sebelum akhirnya digantikan oleh Once Mekel. Tapi ternyata Bro, band tempat Ari Lasso jadi vokalis sebelum memutuskan untuk bersolo karir bukan cuma Dewa.

Penasaran? Berikut ini adalah beberapa fakta menarik dari perjalanan karir seorang Ari Lasso.

Pernah tergabung dalam tiga buah band


Mungkin sebelum jadi solois, Ari Lasso emang terkenal sebagai mantan vokalis dari band legendaris Indonesia, Dewa 19. Tapi ternyata selain Dewa 19, masih ada 2 band lagi yang sempat jadi tempat bernaungnya sebagai vokalis.

Pada masa sekolah dulu, Ari Lasso membentuk sebuah band bernama Outsider Band. Seperti halnya banyak musisi, kecintaan Ari terhadap musik juga tumbuh semasa sekolah. Bisa dibilang Outsider ini adalah cikal bakal Ari Lasso untuk terjun secara serius ke dunia musik.

Kemudian dirinya bergabung dengan Lost Angels Band, yang namanya menjadi Boomerang. Barulah pada tahun 1991 dirinya gabung dengan Ahmad Dhani cs di Dewa 19 lalu memutuskan untuk memulai solo karir tahun 1999.

Punya 7 album solo


Setelah sempat vakum selama 2 tahun, akhirnya Ari Lasso kembali berkarya pada tahun 2001 dengan merilis sebuah album solo. Dirinya memberi judul album tersebut dengan ‘Sendiri Dulu’. Lagu-lagunya seperti Misteri Ilahi, Nelangsa, dan Relakan Aku Pergi mengangkat namanya sebagai seorang solois.

Mungkin judul album tersebut ada kaitannya dengan lagu yang dirilis, tapi gak bisa dipungkiri pemberian judul ‘Sendiri Dulu’ emang pas banget buat Ari yang baru aja lepas dari sebuah band dan memulai karir solonya.

Deretan penghargaan sebagai musisi solo


Kadang buat ngukur prestasi seseorang, orang lain menghitungnya dari jumlah penghargaan yang dimilikinya. Ari Lasso pun gak main-main, karena sejauh ini punya 6 gelar di Ajang Music Indonesia sebagai seorang penyanyi solo.

Keenam penghargaan tersebut adalah Lagu Pop Progresif terbaik (2002), Artis Solo Alternatif Pria/Wanita terbaik (2002), Artis Solo Pria Pop terbaik (2002), Artis Solo Pria Pop terbaik (2005), Karya Produksi Kolaborasi terbaik (2008), Artis Solo Pria pop terbaik (2002). Yap, pria dengan nama lengkap Ari Bernardus Lasso ini bahkan memenangkan kategori solois terbaik sebanyak dua kali.

Gabung Dewa 19 karena Slank?


Yap, mungkin gak banyak yang tau bahwa salah satu faktor yang membuat Ahmad Dhani melirik Ari Lasso adalah Slank. Saat itu pentolan Dewa 19 tersebut mencari seorang vokalis yang bisa bernyanyi dengan genre rock layaknya Kaka Slank. Saat itu, Ahmad Dhani merasa cocok dengan Ari Lasso ketika mereka sedang latihan dengan membawakan lagu ‘Hard To Say I’m Sorry’ dari Chicago. Karakter suara Ari Lasso dinilai mampu memenuhi kriteria karakter suara yang diinginkan oleh Ahmad Dhani.

Penasaran kan? Makanya follow semua media sosial @lazone.id buat dapetin informasi terbaru dan update menarik lainnya!

Jangan lupa juga klik DI SINI buat nonton BOLD Music Virtual Xperience tanggal 16 Desember nanti. Ajak juga temen-temen lo biar makin seru!