Indonesia mempertahankan tradisi untuk manggung di festival musik dunia South by Southwest (SXSW). Bahkan, tahun ini bukan cuma 1, tapi ada 3 musisi yang sukses menembus festival itu. 

Ketiga musisi itu nggak lain adalah KimoKal, The Trees and The Wild dan Lightcraft. Ketiga sukses mengemban tugas buat 'mempromosikan' Indonesia ke panggung dunia. 

Festival SXSW emang jadi festival musik yang paling ditunggu-tunggu. Nggak cuma menampilkan acara musik, tapi banyak acara lain yang keren banget. 



Mulai dari workshop, confrence hingga exihibitions yang cuma berkaitan sama musik juga digelar di festival ini. Ditambah lagi bukan cuma musisi, sederet pelaku industri musik mulai dari label rekaman, booking agent hingga publishers dunia juga ngumpul disini. 

Hingga akhirnya, Festival SXSW seperti gerbang penghubung industri musik dunia dari segela penjuru Benua. Dan, beruntung Indonesia menjadi negara Asia yang cukup rutin mengirimkan perwakilannya. 

Sebut saja pada tahun lalu, ada Shaggydog yang berkesempatan buat tampil. Terus ada juga The S.I.G.I.T yang tampil pada 2009 lalu dan White Shoes and the Couples Company yang jadi pembuka tradisi pada 2008 lalu. 

Untuk tahun ini Festival SXSW rencananya digelar pada 10-19 Maret mendatang. Seperti halnya dengan bebertapa tahun lalu, Festival SXSW digelar di Texas, Amerika Serikat.