Kisah Di Balik Lagu Hits Andra And The Backbone

LAZONE.ID - Musik mereka khas dengan petikan gitar yang mengiringi sepanjang lagu

Andra and The Backbone terbentuk ketika Andra yang merupakan gitaris Dewa 19 memilih untuk bikin proyek sampingan dan membentuk band baru. Lagu pertamanya, Sempurna langsung jadi hits pada masanya dan diputar di banyak platform.

Band yang beranggotakan Dedy, Stevie, dan Andra ini terbentuk pada tahun 2007 lalu dan beberapa lagu mereka masih jadi hits sampai sekarang. Di belakang beberapa lagu mereka yang hits, ternyata ada cerita tersembunyi yang menarik buat disimak nih Bro.

Nah ini dia kisah di balik beberapa lagu hits Andra And The Backbone.

Hikayat Cinta

Kadang, rasa bosan bisa jadi sumber inspirasi buat seseorang dalam berkarya. Begitupun Andra And The Backbone ketika ditanya soal bagaimana mereka menulis lagu Hikayat CInta. Ternyata, lagu ini gak dibuat melalui proses yang ribet dan konsep yang panjang. Hikayat Cinta sendiri ditulis ketika Andra sedang dalam sebuah perjalanan naik pesawat. Dirinya yang gak bisa tidur terpikirkan sebuah lagu dan akhirnya menuangkan isi pikirannya tersebut. Andra juga mengakui bahwa gak ada momen khusus untuk nulis lagu, kadang lirik itu datang sendiri bahkan setelah nadanya dibuat terlebih dulu.

Sempurna

Lagu inilah yang mengangkat nama Andra And The Backbone di tahun 2007 jadi musisi besar tanah air. Bahkan mungkin masih banyak banget yang di telinganya masih terngiang-ngiang lagu dengan petikan gitar yang terdengar lembut ini. Meski bisa diartikan sebagai seseorang yang mengagumi kekasihnya, Andra sendiri pernah menganggap lagu ini sebagai sebuah doa untuk dirinya sendiri ketika berada di atas panggung. 

Song For You

Lagu ini ditulis sebagai apresiasi oleh personil band Andra And The Backbone untuk orang yang bisa menginspirasi mereka. Gak ada orang spesifik yang disebutkan tapi menurut mereka, lagu ini bisa dipersembahkan buat siapapun yang spesial dan berhasil menginspirasi seseorang. Dalam proses produksinya, trio Dedy-Andra-Stevie dibantu oleh gung “Gimbal” (drum), Bintang Indrianto (bass), Okky Maleh (keyboard/piano), Farie Thafar (backing vocal). Untuk tahap eksekusi dalam mixing dan mastering dipercayakan oleh Stephan Santoso (Slingshot Studio, Musikimia).

Panah Takdir

Panah Takdir yang jadi soundtrack film 'Remember The Flavor: Biarkan Rasa Itu Memiliki' ini ditulis dengan cara yang gak biasa oleh Andra. Biasanya, Andra dan yang lain bakal menulis lirik lagu terlebih dahulu, bahkan melodi dan nadanya terlebih dahulu baru memikirkan judul. Sedangkan lagu ini dibuat dengan cara membuat judulnya lalu memikirkan lirik belakangan. Inspirasinya sendiri datang dari obrolan ketika Andra nongkrong bersama sahabatnya. Di sana, obrolan mengarah kepada sesuatu yang lebih serius seperti bahasan tentang takdir. Lalu salah satu dari mereka berkata bahwa takdir seperti anak panah yang dilesatkan.

Lo kangen gak Bro buat nonton dan nyanyi bareng di aksi panggung Andra And The Backbone? Kalau iya, jangan sampe kelewatan penampilan mereka bersama band keren lainnya di Bold Music Virtual Concert tanggal 19, 20, dan 21 Oktober ini di channel YouTube LAzone.id!

Jangan lupa juga buat terus pantengin semua media sosial @lazone.id buat dapetin informasi dan update keren lainnya!