Lagu Klasik Indonesia Tetap Hidup di Era Digital

LAZONE.ID - Tidak boleh tenggelam, lagu-lagu ini harus tetap bisa diakses.

"Serangan" dunia digital tidak bisa dihindari. Budaya mendengarkan musik dari CD/kaset sekarang nyaris tenggelam. Semuanya sudah berubah jadi file digital lewat aplikasi pemutar musik online.

Bergerak ke situ, label Lokananta yang menyimpan arsip musik dan lagu Indonesia bekerja sama dengan Telkom Indonesia dan MelOn. Niatnya bagus bro, untuk membuat musik klasik Indonesia tetap bisa didengarkan dan diakses dengan mudah.

Kerja sama ini membuahkan lagu-lagu keroncong, lagu daerah, lagu nasional dan lagu rakyat dalam bentuk digital. Sehingga mencarinya di aplikasi pemutar musik MelOn bisa lebih mudah dan legal.

Musik-musik koleksi Lokananta berhasil didigitalisasi oleh JK Record, publisher yang mengatur distribusi lisensi lagu-lagu Lokananta. Beberapa konten musik yang didigitalisasi antara lain album 'Entit' milik Waldjinah, Mengenang Samsaimun & Maryati, Bubi Chen, Karawitan Studio RRI Surakarta Pimpinan Ki Narto Sabdo, dan masih banyak lagi.

Pustaka musik klasik secara digital ini tentu saja penting bro. Supaya budaya Indonesia tetap bisa diwariskan secara kekinian ke para millenials dan generasi Z.