Kok bisa sih seorang penyanyi bisa menyanyi tanpa fals? Di industri musik modern ini, para penyanyi banyak yang menggunakan bantuan teknologi saat rekaman di dalam studio.

Salah satu teknologi yang paling sering digunakan yaitu autotune. Autotune adalah sebuah software yang bisa mengukur dan mengubah nada baik untuk vokal dan juga instrumental.

Dalam penggunaannya, ada musisi yang menggunakan auto-tune hanya sebagai alat bantu, namun ada juga yang sengaja menggunakannya untuk bisa menghasilkan suara yang tidak original, seperti T-Pain atau Kanye West.

Berikut ini fakta-fakta seputar autotune di dunia musik:

1. Penemu Autotune




Dr. Andy Heldebrand adalah penemu auto-tune. Ia bukan musisi, melainkan seorang ahli matematika.

Setelah pensiun dari perusahaannya dan belajar komposisi di Rice Univeristy's Shepard School of Music, Dr. Andy mulai membuat sebuah software yang menggunakan algoritma untuk meningkatkan kualitas dan tekstur suara rekaman musik.

Pada 1989, ia pun membuat perusahaan Jupiter Systems yang kemudian menjadi Anters Audio Technologies untuk memasarkan software-nya itu.

Beberapa tahun kemudian, Dr. Andy mengembangkan Multiband Dynamics Tool sebuah plug-in Pro Tools (software rekaman). Plug-in itu pun sukses besar, hampir semua studio rekaman milik label besar di Amerika Serikat menggunakannya.

Hingga akhirnya, Dr. Andy merilis Auto-Tune pada 1997. Dr. Andy menciptakan auto-tune untuk membenarkan sedikit nada yang kurang pas. Auto-tune tidak akan mengubah total suara asli dari seorang penyanyi.

2. Kontroversi Cher : Diduga Menggunakan Autotune






Pada tahun 1998, Cher merilis lagu 'Believe' yang saat itu langsung menjadi hits di berbagai chart. Berbeda dengan single-single sebelumnya, suara Cher terdengar sangat unik di 'Believe'.

Saat itu, banyak pihak yang menduga Cher menggunakan auto-tune. Namun, produser lagu 'Believe', Mark Taylor dan Brian Rawling selalu menampik mereka menggunakan auto-tune saat rekaman.

3. Era T-Pain : Musisi Pengguna Autotune




Pada 2000-an, T-Pain adalah musisi yang populer lewat penggunaan auto-tune dalam karya-karyanya. Di setiap singlenya, T-Pain mengubah suaranya menjadi lebih mirip suara robot.
 



Kesuksesan T-Pain menggunakan auto-tune membuat beberapa musisi Hip-Hop mengikuti jejaknya, seperti Snoop Dogg di single Sexual Eruption, Lil Wayne di single Lollipop, Kanye West di album 808s & Heartbreak (T-Pain pun terlibat sebagai penasehat di album itu), Black Eyed Peas di Boom Boom Pow.

Namun, tak semua musisi menyukai gaya auto-tune yang populer saat itu. Salah satu penentangnya, yaitu Jay-Z. Lewat single D.O.A. (Death of Auto-Tune), ia mengkritik keras T-Pain.

"You niggas singing too much/ Get back to rap, you T-Paining too much," penggalan lirik D.O.A.

4. Cara Kerja Autotune Di Dunia Musik

Di semua aplikasi autotune biasanya terdapat dua cara yang bisa kamu lo pakai untuk mengedit suara lo.

Cara pertama yaitu Automating autotune yang mudah banget. Lo tinggal memasukkan file suara yang udah lo rekam kemudian lo kasih efek atau filter autotune agar terdengar merdu atau sesuai dengan lo mau.

Namun, cara ini juga memiliki beberapa kendala. Kalau lo terlalu fals hasilnya akan menjadi terkesan dipaksakan.

Cara kedua, yaitu manual format shifting. Meskipun banyak fitur otomatis, lo bisa mengedit suara lo secara manual. Lo pun bisa bereksperimen untuk mengubah suara lo yang udah lo rekam.

Gimana tertarik buat nyobain auto-tune?

5. Daftar 7 Aplikasi Autotune Terbaik Untuk Android / iOS

Berikut ini beberapa aplikasi yang mirip auto-tune yang bisa didownload di handphone lo:

1. Smule

Lo pasti sudah akrab dengan Smule. Smule merupakan aplikasi bernyanyi sosial yang memungkinkan lo menikmati jutaan lagu karaoke. Di aplikasi ini lo bisa berduet bareng teman, strangers, hingga penyanyi idola lo.

Nah, Smule memiliki banyak fitur yang bisa lo pakai. Salah satunya, auto-tuning Songify. Nah, ini mudah banget penggunaannya.



Download Smule di Sini

2. VocaLive

VocaLive bisa dipakai buat lo pengguna iOS. VocaLive merupakan produk dari IK Multimedia, sebuah perusahaan teknologi musik internasional. Dengan VocaLive, lo bisa memproduksi musik dan memberikan efek vokal. Fiturnya pun lengkap banget.

Dengan VocaLive, lo bisa mencoba banyak efek vokal mulai dari pitch fix, choir, morph, reverb, de-esser, delay, compressor, chorus dan phazer.



Download VocaLive di Sini

3. MicDroid

Bisa dibilang MicDroid merupakan aplikasi vokal atau pun yang sangat simpel. Kalau pakai aplikasi ini, lo bisa mengubah suaranya mirip penyanyi profesional dengan fitur Automatic pitch correction atau On-the-fly pitch correction .

Asyiknya lagi, aplikasi ini bisa lo unduh gratis di android.

Dengan user interface yang sederhana dan mudah dimengerti, MicDroid jadi pilihan yang pas buat Lo mengedit vokal menjadi lebih merdu dengan beberapa konfigurasi yang disediakan.



Download MicDroid di Sini

4. Voice Synth

Selain tiga aplikasi di atas, aplikasi mirip autotune yang bisa Lo coba adalah Voice Synth. Voice Synth adalah aplikasi yang bisa membuat suara, paduan suara, ritme, dan soundscapes.

Voice Synth juga memiliki banyak fitur seperti Vocoders, Auto Pitch, Harmonizing Pitch Shift, dan Speed-Shift Sampling.

Nah, sayangnya lo mesti bayar untuk menggunakan Voice Synth.



Download Voice Synth di Sini

5. StarMaker

Aplikasi ini juga bisa banget lo pakai buat menyanyi walaupun suaramu fals. Bisa dibilang ini aplikasi autotune gratis yang paling user-friendly alias mudah dipakai oleh orang awam.

StarMaker menyediakan koleksi lebih dari 500 tracks, mulai dari lagu Barat hingga lagu Indonesia. Lo tinggal cari lagu favorit lo di sini.

Simak video ini untuk menggunakan StarMaker



Download StarMaker di Sini 

6.  Rapchat: Make a Hit Song

Lo udah bosen nyanyi? Lo bisa nge-rap di Rapchat: Make a Hit Song. Rapchat merupakan aplikasi karaoke untuk rapper.



Download Rapchat: Make a Hit Song di Sini

7. Voloco

Aplikasi yang terakhir ini bisa dibilang yang terbaik. Voloco pun tersedia untuk handphone Android dan iOS. Aplikasi ini menyediakan fitur yang keren-keren banget, di antaranya, automatic tuning, vocoding, dan harmony.

Untuk memulainya, lo tinggal memilih lagu dari library Voloco atau koleksi lo sendiri. Lo tinggal merekamnya dan aplikasinya secara otomatis akan membuat lebih merdu. Voloco juga menyediakan beberapa preset modern rap, T Pain, 8 Bit Chip, atau bahkan Daft Punk.



Download Voloco di Sini