Musik Bisa Ciptakan Organisasi Berbahaya Lho!

LAZONE.ID - Dari banyaknya manfaat musik untuk perdamaian dan persatuan, ternyata musik juga bisa menciptakan komunitas yang berbahaya lho.

Musik adalah bahasa yang bisa diterima oleh siapapun. Musik bisa banget menyampaikan pesan-pesan lewat lagu dan liriknya. Musik juga bisa banget membantu terciptanya komunitas karena memiliki kesukaan yang sama. Namun nggak semua komunitas tersebut memiliki tujuan yang baik, ada beberapa yang malah dianggep berbahaya. Berikut adalah daftarnya.

FSU

Merupakan kepanjangan dari Friend Stand United yang dibuat di Boston, Amerika Serikat. FSU ini dibuat oleh para penyuka musik hardcore dan punk, dan asas yang mendasari terbentuknya komunitas ini adalah anti rasisme dan neo nazi. Mungkin karena asas yang nggak bisa dicerna dengan benar oleh para anggotanya, kebanyakan anggotanya malah suka membuat gaduh dan berujung kekerasan. Mereka nggak suka dengan tatanan masyarakat yang ada namun dengan cara yang salah, dan sekarang komunitas ini udah dicekal oleh FBI.

Nazi Skinhead

Berbeda dengan punk pada umumnya, Nazi Skinhead punya ideologi sendiri dan nggak mau berkumpul menjadi satu dengan punk yang lain. Sama seperti namanya, Nazi Skinhead ini bertujuan untuk meneruskan mimpi Hitler dengan konsep supremasi kulit putihnya. Tentu aja komunitas ini dilarang peredarannya.

Nationalist Socialist Black Metal

Sama seperti Nazi Skinhead, Nationalist Socialist Black Metal juga sangat menjunjung tinggi konsep supremasi kulit putih. Pendirinya yang bernama Varg Vikernas pernah ditahan karena hal tersebut, namun akhirnya bebas dan kemudian ditangkap untuk kedua kalinya dengan kasus yang sama.

Komunitas tersebut sangat berbahaya dan bisa banget dengan cepat menularkan ideologinya. Jadi, tetep hati-hati ya Guys.