Musisi Jepang Pakai TV Bekas untuk Bermusik

LAZONE.ID - Terinspirasi dari gamelan saat ke Indonesia.

Keren nih bro, seniman asal jepang, Ei Wada, dapat membuat gebrakan baru dalam dunia musik. Nah, yang harus lo tau ialah kalo dia enggak menggunakan alat musik pada umumnya. Wada menggunakan televisi bekas sebagai instrumen musiknya. Bahkan, ia memiliki band bernama Braun Tube Jazz dan sudah terkenal di dunia.

Awalnya, pada umur empat tahun, Wada tertarik dengan musik perkusi. Musik perkusi apa sih yang buat dia tertarik? lo jangan kaget ya dengarnya. Wada terpesona dengan instrumen perkusi dari pertunjukan musik gamelan di Indonesia, keren kan!

Nah, bertahun-tahun kemudian saat bermain dengan kaset-kaset lama, Wada sadar kalo nada yang diproduksi itu sangat mirip dengan musik gamelan yang sangat ia sukai. Sejak itu, Wada mencoba bereksperimen dengan membuat nada-nada dengan memanfaatkan gadget bekas yang orang lain biasa buang.

Saat kuliah, ia bertemu dengan tiga orang teman baru yang sama-sama gila terhadap alat musik kovensional. Karena itu, Wada sempat membuat sebuah band yang mengkhususkan diri membuat musik dengan gadget vintage, band itu sendiri bernama Reel Ensemble.

Enggak mau hanya bermain instrumen musik dari gadget doang, Wada melakukan uji coba untuk membuat instrumen musik dari TV tabung jadul. Wada membuat tabung sinar katoda televisi lama terdengar seperti drum listrik.

Caranya, seniman Jepang ini memanfaatkan sifat elektromagnetik dari TV lama untuk mengubah cahaya menjadi suara bro. Kerennya, instrumen musik dari TV itu dapat menghasilkan suara seperti perkusi dan synthesizer. Ia juga menyetting instrumen musik TV itu layaknya peralatan Dj dan tangannya atau seluruh tubuhnya seolah-olah menjadi antena.

Memang agak aneh dengarnya, coba deh lo liat sendiri video perfom Wada berikut ini, lo pasti bakal heran bro!

Embed: