Nirvana Hidup Lagi Lewat AI?

LAZONE.ID - Canggih banget!

Lo yang tumbuh di era 90an mungkin gak bakal asing dengan lagu-lagunya Nirvana. Sampai sekarang pun orang-orang masih memutar lagu Nirvana di tempat-tempat keramaian. Bahkan menurut sebuah studi ilmiah, lagunya yang paling populer Smells Like Teen Spirit belum lama ini juga dinobatkan sebagai lagu paling ikonik sepanjang masa.

Tapi sayang emang, umur band ini gak panjang karena setelah sang vokalis tewas mengenaskan, Nirvana pun bubar. Dave Grohl yang mengawali karir sebagai drummer Nirvana pun memutuskan untuk melanjutkan karir dengan membesarkan band Foo Fighters. Dalam beberapa kesempatan, Dave Grohl gak lupa menghidupkan kembali nama Nirvana lewat aksi-aksi panggungnya bersama Foo Fighters yang membawakan lagu mantan band-nya tersebut.

Tapi Bro, kali ini giliran teknologi artificial intelligence (AI) alias kecerdasan buatan yang menghidupkan kembali nama Nirvana.



Dengan nama NirvanAI, kecerdasan buatan tersebut menulis sebuah lagu yang punya nuansa grunge kental layaknya Nirvana pada masa jayanya. Bot AI tersebut dioperasikan oleh seorang YouTuber dengan channel Funk Turkey dengan cara mengkombinasikan semua lirik dari lagu Nirvana. Yap, YouTuber tersebut memasukkan lirik dari seluruh lagu populer milik Nirvana ke dalam sistemnya dan membiarkan AI tersebut bekerja untuk merangkai lirik.

Hasilnya adalah sebuah lagu yang berjudul Smother.



Kalau lo dengar baik-baik, Smother ini benar-benar terdengar seperti lagu yang ditulis langsung oleh Kurt Cobain dan dinyanyikan olehnya. Salah satu bagian tersulit adalah membuat data suara Kurt Cobain dan merangkaikannya dengan lirik yang udah jadi.

Hasil akhirnya, Smother ini terdengar seperti memiliki alunan nada yang mirip dengan salah satu hits Nirvana berjudul About A Girl dan terdengar memiliki kombinasi berbagai kalimat populer yang pernah ditulis oleh Kurt Cobain dalam lagu-lagu mereka.

Buat lo yang penasaran, cek nih videonya di bawah!