Reality Club, Besar dari Sebuah Kamar

LAZONE.ID - Band favoritnya siapa nih?

Siapa nih di antara lo yang seneng denger musik alternatif dan indie pop? Pasti lo udah gak asing sama nama Reality Club. Band satu ini emang menghiasi skena musik indie dalam beberapa tahun terakhir. Lagunya yang easy listening dengan sesekali memberikan pembawaan yang positif bikin musik dari Reality Club mudah diterima banyak orang.

Sekitar tahun 2016 lalu, tiga orang anak muda Fathia Izzati alias Cia (vokal), Era Patigo (drum) dan Mayo (bas) memutuskan bahwa mereka bakal membuat sebuah band. Karena tiga orang dirasa kurang, akhirnya Fathia mengajak sang kakak Faiz (gitar) dan Iqbal (gitar).

Sebelum memulai band, ternyata Fathia udah terkenal duluan lewat channel YouTube miliknya dengan nama Kittendust. Pada tahun 2013 lalu, sang vokalis pernah membuat sebuah video yang berbicara menggunakan 21 aksen. Video tersebut sempat viral dan kini udah punya lebih dari 12 juta viewers. Kini, channel yang diubah menggunakan nama asli Fathia itu punya sekitar 651 ribu subscribers.



Memulai band dengan keterbatasan


Perjalanan musik mereka diawali dengan langkah yang gak mudah. Saat mau rekaman pertama, Fathia dan yang lainnya gak punya budget berlebih untuk bisa melakukan rekaman dari dalam studio. Akhirnya mereka memutuskan buat beli sebuah sound card dan membuat rekaman dari kamar yang disulap jadi studio dadakan.

Dari kamar tersebutlah Reality Club lahir dan berkembang jadi salah satu band indie pop favorit di Indonesia saat ini. Bolak-balik manggung di acara on-air dan off-air udah jadi hal yang biasa buat mereka.

Go International dan masuk pasar musik Jepang

Kerennya lagi, Reality Club udah go international dengan lagu-lagu mereka, Bro!

Tahun lalu mereka merilis album Never Get Better di Jepang lewat label rekaman negeri sakura tersebut, Inpartmaint Inc. Bahkan bukan cuma di Jepang, album Never Get Better juga dirilis di Singapura dan Malaysia secara bersamaan.

Mereka juga seharusnya jadi salah satu performers dalam ajang seni internasional South by Southwest (SXSW) tahun ini. Sayangnya event besar tersebut harus dibatalkan karena pandemi corona yang menyerang hampir seluruh negara di dunia.

Dapat penghargaan dari AMI

Di dalam negeri, Reality Club pernah menorehkan prestasi tersendiri dengan masuk nominasi AMI Awards 2018. Mereka masuk ke dalam nominasi Pendatang Baru Terbaik dan album yang berjudul ‘Is It The Answer?’ masuk nominasi Karya Produksi Alternatif Terbaik.

Hubungan antar personil

Minat musik emang sering dipengaruhi oleh lingkungan sekitar Bro. Contohnya adalah Reality Club yang sebagian personilnya emang punya kedekatan personal di luar musik.

Fathia adalah adik dari Faiz, itulah kenapa mereka bisa menggunakan kamarnya dan menyulapnya jadi studio rekaman dadakan ketika mereka mau debut.

Sekarang, mereka bakal ikut ramein panggung BOLD Music Virtual Concert nih Bro! 

Buat lo yang penasaran dan udah lama pengen liat lagi aksi live mereka, pantengin terus channel YouTube LAZone.id tanggal 3 Agustus 2020 ini. 

Selain Reality Club, lo juga bakal liat aksi panggung Fourtwnty, The Panturas, ERK, Sisitipsi, dan Danila Riyadi.

Jangan lupa pantengin terus semua medsos @lazone.id buat update lainnya yang gak kalah keren.