Sepenggal Perjalanan Maliq & D’Essentials

LAZONE.ID - Masih malang melintang dan eksis sampai sekarang!

Maliq & D'Essentials bisa dibilang jadi salah satu band yang paling diperhitungkan di Indonesia. Sejak terbentuk tahun 2002 lalu, band satu ini selalu konsisten ngasih karya-karya dan performa terbaik di industri musik tanah air.

Pada awalnya, mungkin banyak yang nyangka kata ‘Maliq’ pada nama band ini adalah nama dari salah satu personilnya. Ternyata Bro, Maliq adalah singkatan dari ‘Music And Live Instrument Quality’. Nama ini kayaknya berpengaruh ya terhadap konsistensi mereka di dunia musik.

Mungkin banyak yang bingung juga sebenarnya genre apa sih yang mereka bawakan? Satu genre aja gak cukup buat mendefinisikan Maliq & D’Essentials karena mereka membawakan taste dari genre soul, funk, pop, rock, jazz, sampe blues.

Sebelum terkenal, 'ngamen' di pub dan cafe

Sebagaimana musisi besar lainnya di Indonesia, Maliq & D’Essentials juga punya langkah pertama yang tampak enggak signifikan. Sebelum rilis album, mereka pernah tampil di sebuah pub milik sebuah hotel bintang 5. Kegiatan seperti ini berlangsung selama kurang lebih dua tahun dan membuat mereka malang melintang di Jakarta.

Awalnya, konsep band ini adalah sebuah grup musik yang ditampilkan secara live, mengingat kepanjangan dari Maliq adalah Music And Live Instrument Quality. 

Awalnya punya 10 anggota

Yap, Maliq memulai karir dengan jumlah anggota yang terbilang besar untuk sebuah band. Jumlah tersebut bertahan hingga akhirnya tahun 2012, band ini menyisakan 6 anggota. Tapi kerennya keenam anggota tersebut adalah orang yang sama dengan saat band ini awal terbentuk. Jadi, gak ada bongkar pasang personil di antara mereka.

Punya label rekaman sendiri

Meski nama mereka udah besar, ternyata jalur independen tetap jadi pilihan dalam bermusik. Makanya pada tahun 2010 Maliq & D’Essentials membuat label rekaman sendiri yang bernama Organic Records dan manajemen ‘The One’. Dari label tersebut, lahir juga beberapa talenta musik lainnya seperti Twentyfirst Night, Boogiemen, Soulvibe, Rock 'N Roll Mafia, Sir Dandy dan The Upstairs.

Punya label rekaman sendiri gak menutup band ini dari kerjasama dengan label lainnya. Soalnya, tahun 2019 lalu mereka bikin rekaman di studio musik legendaris, Abbey Road. Tempat tersebut terkenal karena melahirkan band besar dunia seperti The Beatles.

Punya prestasi di dunia musik

Gak cuma tenar, band asal Jakarta ini juga ternyata punya banyak prestasi Bro!

Salah satunya adalah pada tahun 2005, mereka mendapat tiga penghargaan sekaligus dari Anugerah Musik Indonesia. Padahal mereka baru merilis album pertamanya pada tahun 2004. Wah keren banget deh!

Pasti lo semua mau nyanyi bareng dan liat aksi panggung mereka lagi kan? Makanya jangan lewatkan Bold Music Virtual Concert di channel YouTube LAzone.id tanggal 19 Oktober ini.

Pantau terus juga medsos @lazone.id buat dapetin informasi keren lainnya, Bro!