Sisitipsi Mulai Ngeband Karena Iseng?

LAZONE.ID - Kisah band kampus dengan lagu-lagu yang jujur

Pendengar musik indie tanah air kemungkinan besar gak asing dengan lirik bernada nakal dari lagu milik Sisitipsi. Yap, lagu berjudul ‘Alkohol’ dan ‘Joni Santai’ sering diputar dan jadi semacam “lagu wajib” buat para pecinta skena musik indie.

Ada kisah yang menarik tentang proses terbentuknya band Sisitipsi ini Bro.

Sisitipsi sendiri adalah salah satu band yang merupakan alumni dari Institut Kesenian Jakarta (IKJ). Sebelumnya, nama-nama beken lain seperti Naif dan White Shoes and The Couples Company adalah lulusan kampus tersebut. Para personil Sisitipsi sendiri mempelajari hal yang sama selama kuliah, yaitu seni pertunjukan dan seni musik.

Awalnya cuma sebatas band kampus

Band yang beranggotakan Fauzan Lubis (vokal), Eka Wiji Astanto (contrabass), Rian Rahman (gitar), Hendar Dimas Anggara (keyboard),  Amoroso Romadian (trombone), Aditya Rahman (drum) ini ternyata serius bermusik setelah mereka tampil tanpa rencana di sebuah acara seni. 

Tapi tentunya seperti banyak kisah band kampus lain, ini semua berawal dari kebiasaan mereka yang sering nongkrong sepulang kuliah.

Aksi mereka nge-band berawal dari Ojan yang mendapat jatah satu slot untuk tampil dalam acara Parade Teater Kampus Seni Indonesia (PTKSI). Mereka yang lagi nongkrong pun merasa tertarik untuk tampil walaupun awalnya cuma berniat sebagai sebuah keisengan.

Setelah mendapatkan slot tersebut, mereka mulai berlatih dengan membawakan lagu dari beberapa band seperti The Beatles. Uniknya, mereka gak terpatok pada genre asli musik tersebut dan memilih membawakannya dengan gaya mereka sendiri.

Mencuat dengan modal SoundCloud

Ternyata PTKSI cuma langkah awal buat Sisitipsi. Setelah acara tersebut mereka masih membuat lagu. Lalu lahirlah ‘Alkohol’ dan ‘Joni Santai’ yang mereka rilis lewat SoundCloud. Kedua lagu tersebut juga yang membawa nama Sisitipsi melambung. Dalam waktu seminggu, lagu tersebut diputar sampai tiga ribu kali.

Lagu yang berdasarkan realita di sekitar mereka

Mungkin sebagian besar dari lo tau band satu ini dari lagu mereka yang berjudul Alkohol dan Joni Santai. Ternyata, mereka dapat inspirasi untuk lagu ini dari realita yang terjadi di sekitar kampus.

Kegemaran mereka nongkrong membuat Sisitipsi banyak menyaksikan perilaku mahasiswa yang ada di sekitarnya. Misalnya, Joni Santai bercerita tentang mahasiswa “veteran” yang tetap santai meskipun dirinya belum lulus dalam waktu yang lama.

Ada satu hal menarik yang mungkin belum lo tau dari sang vokalis Fauzan alias Ojan. Ternyata, pria tersebut pernah mengikuti audisi dari sebuah kontes menyanyi yang ditayangkan di salah satu tv nasional.



Ojan ikut audisi Indonesian Idol saat berada di Medan pada tahun 2014 lalu. Tapi sayang, dirinya gak berhasil lolos ke tahap selanjutnya setelah audisi tersebut.

Pengen liat aksi panggung Sisitipsi? Gampang banget Bro, lo tinggal mampir ke YouTube LAZone.id tanggal 5 Agustus 2020 karena BOLD Music Virtual Concert bakal nampilin Sisitipsi dan beberapa musisi keren lainnya.

Jangan lupa juga buat terus pantengin media sosial @lazone.id buat dapetin update keren lainnya Bro!