So Sad! KimoKal dan The Trees and the Wild Batal Tampil di SXSW

LAZONE.ID - Indonesia hanya mengirimkan satu wakil di SXSW tahun ini.

Pada Maret lalu, Indonesia dibuat bangga dengan pengumuman ada 3 musisi Tanah Air yang manggung di Festival SXSW. Tapi ada kabar duka baru-baru ini.
 
Rencananya, KimoKal, The Trees and The Wild dan Lightcraft akan tampil di festival itu. Tapi sayangnya, Indonesia dipastikan hanya bisa mengirimkan satu wakilnya.
 
Keputusan itu berkaitan dengan syarat yang diberikan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) sebagai  pihak yang membantu memberangkatkan musisi ke SXSW. Jadi, Bekraf memberikan syarat musisi yang pergi dibatasi cuma 5 orang termasuk personel.
 
Dan, syarat itu tak bisa dipenuhi oleh KimoKal, The Trees and The Wild. Hingga akhirnya, keduanya dipastikan nggak akan ikut berangkat ke SXSW.
 
 
Meski begitu, Lightcraft dipastikan bakal tetap berangkat ke SXSW. Unit band indie asal Jakarta itu menyanggupi atas persyaratan yang dikasih sama Bekraf.
 
Festival SXSW tercatat sebagai salah satu festival musik yang paling tenar. Nggak cuma musik, tapi banyak acara lain kayak workshop, confrence hingga exihibitions yang berkaitan sama musik hingga film.
 
Festival SXSW seperti pintu menuju industri musik dunia. Hingga beruntung banget Indonesia menjadi negara Asia yang rutin mengirimkan perwakilannya.
 
Ada Shaggydog yang sukses tampil pada 2016, terus ada The S.I.G.I.T di 2009. Kemudian ada juga White Shoes and the Couples Company yang jadi debut di festival ini pada 2008 lalu.
 
Buat tahun ini Festival SXSW rencananya bakal digelar pada 10 hingga 19 Maret mendatang. Dan, Festival SXSW pun melanjutkan tradisinya buat digelar di Texas, Amerika Serikat.