Sekarang bisa dibilang eranya internet yang lagi berjaya. Internet menawarkan tehnik baru dalam mempromosikan musisi dan marketing music sales. Adanya proses download lagu lewat internet juga sempet membuat penjualan CD menurun di tahun 2004. Download service semacam iTunes dari Apple, Rhapsody dari RealNetwork dan MSN Music dari Microsoft sukses melakukan penjualan musik secara online. Lewat internet users juga enggak harus ngebeli satu album penuh, kebanayakan memang lebih condong mendownload single yang mereka suka saja. Sejauh ini, musisi/artis serta perusahaan komputer dan internet memang lebih kreatif dibandingin sama perusahaan rekaman. Banyak musisi yang sekarang beralih ke internet untuk mempromosikan musik mereka. Misalnya Beastie Boys yang ikutan Creative Commons dimana mereka memperbolehkan beberapa lagu didownload secara gratis. Creative Common bisa dibilang memegang prinsip 'some rights reserved' bukan lagi 'all rights reserved'. Pendekatan baru ini dirasa cocok oleh beberapa musisi dimana mereka bisa mempromosikan musik mereka kepada kalangan luas sekaligus masih tetap bisa mnegkontrol dan memaintain. Ada juga musisi yang ngebiarin musiknya tersedia online dan gratis, misalnya di www.bobdylan.com. Sumberfoto : alt1040.c0mbanner-ads