Ternyata, Begini Arti Romantis Menurut Efek Rumah Kaca

LAZONE.ID - Mereka punya pengertian yang berbeda tentang kata "romantis".

Siapa yang gak kenal band Efek Rumah Kaca (ERK)? Bisa dibilang, band ini jadi salah satu pelopor musik indie di Indonesia. Sebagai salah satu pelopor, ERK udah punya kiprah yang lumayan luas, Bro. Gak cuma di Indonesia, mereka udah pernah keliling ke beberapa negara.

Dalam bermusik, ERK memutuskan buat bikin sesuatu yang biasa dalam lagu-lagunya. Mereka memilih untuk bikin musik-musik yang punya kritik sosial di dalamnya.

Walaupun mereka ngaku bukan band pertama yang bikin lagu-lagu dengan pesan sosial di dalamnya, ERK pengen musik jadi sarana mereka menuangkan ekspresi dalam hal tersebut.

Cholil Mahmud, dalam sebuah wawancara bilang bahwa musik adalah sebuah hal keseharian. Jadi, mereka pengen menuangkan masalah-masalah keseharian seperti masalah sosial ke dalam lagu-lagunya.

Seorang penggemar pernah bertanya, kenapa mereka gak bikin lagu-lagu romantis alias berkaitan dengan cinta. Akbar sebagai drummer pun menjawab pertanyaan tersebut.

Menurutnya, lagu romantis gak perlu selalu tentang cinta. Buat dirinya, membuat melodi yang manis ketika didengar adalah sebuah romantisme sendiri buat sebuah lagu.