Kadang kala konser yang tadinya dijalankan sebagai ekspresi kegembiraan bisa berubah menjadi malapetaka kalau tidak ditangani dengan benar. Sudah sering kitra mendengar konser yang berakhir dengan korban jiwa karena rusuh di antara penonton, bahkan tak jarang juga dari rusuh itu, band penampil kena getahnya. Berikut ada beberapa tips yang bisa diperhatikan demi keselamatan manggung.
  1. Kenali jalur keluar. Ini sangat penting. Pastikan loe tahu semua jalur keluar dari venue termasuk emergency exit. Pastikan juga kawan-kawan sesama personil dan kru mengetahui hal tersebut. Dan pastikan juga pintu keluar tidak dikunci. Kalau ternyata dikunci, minta panitia untk membukanya. Jika hal terburuk terjadi, loe akan tahu kemana harus melangkah sekaligus membimbing temen-temen loe.
 
  1. Jangan lakukan aksi-aksi bodoh. Kalo loe lihat band-band metal ada yang pakai main api di atas panggung, tidak usah coba-coba meniru kalau tidak mempunyai operator yang profesional. Seseorang bisa terluka dan band loe bisa dituntut.
  1. Jangan memicu kerusuhan. Kita sudah tahu orang suka moshing dan slamming. Jangan memanas-manasi mereka untuk bertindak lebih liar. Fred Durst melakukan ini di Big Day Out dan hasilnya seorang penonton terbunuh.
 
  1. Segera laporkan pada panitia bila kita melihat ada bagian dari penonton yang mulai terlalu agresif. Kita yang berada di atas panggung pasti bisa melihat lebih jelas dari pada yang lain.
  1. Diskusi dengan panitia. Mereka pasti selalu memiliki emergency plan, tanyakan dan pelajari baik-baik. [rad]
  Sumber foto: flickr.com