Travis Scott Dari Rapper Sampai Dunia Sneaker

LAZONE.ID - Salah satu nama besar di dunia hip-hop yang punya signature sneakers

Banyak banget rapper yang mencuri perhatian setiap tahunnya. Tapi kalau lo perhatikan, pasti ada satu nama yang lebih sering muncul dan jadi pembicaraan orang. Nama rapper tersebut adalah Travis Scott.

Travis sendiri adalah musisi yang bernaung di bawah label musik milik Kanye West, GOOD Music. Lagunya yang bisa diterima mayoritas penggemar musik rap emang bikin namanya terus melejit di industri musik. 

Semua bermula dengan mimpinya untuk memulai karir di industri tersebut saat masih duduk di bangku kuliah. Darah musisi emang mengalir di keluarganya karena ayah Travis adalah seorang drummer. Bahkan sejak belum sekolah, sang ayah udah sering mengajarkan musik padanya.

Ada cerita lucu tentang kecintaannya terhadap musik ini. Semasa sekolah, Travis mengorbankan kasur di dalam kamarnya untuk melapisi dinding dan menyulap kamarnya jadi studio dadakan. Keluarganya kurang bisa menerima hal tersebut karena mereka ingin sang rapper lebih fokus dengan bidang pendidikan.

Singkat cerita, saat kuliah Travis Scott memutuskan buat gak melanjutkan pendidikannya dan terbang ke New York untuk mengejar mimpinya jadi seorang rapper.


Masa-masa awal karirnya ini dihabiskan untuk membangun relasi yang kuat dan mengumpulkan sebanyak mungkin materi untuk lagu. Inilah saat ketika Kanye West punya peran besar terhadap karir dan ketenaran Travis Scott. Pemilik brand sneaker YEEZY itu memberikan kontrak musik pada Travis untuk menciptakan lagu-lagu di bawah naungan label GOOD Music.

Sepertinya pengaruh besar Kanye West dalam diri Travis Scott bukan cuma ada di dunia musik, Bro. Ketertarikannya pada dunia sneakers sepertinya turun dari sosok yang Travis anggap sebagai ayah angkat itu.

Kalau lo sering mantengin update tentang sneaker belakangan ini, nama Travis Scott adalah salah satu yang sering muncul.

Tapi apakah lo tau keterlibatan pertama Travis Scott dalam dunia sneakers?


Semua bermula ketika Reebok sedang bikin campaign dan bekerja sama dengan Travis Scott yang sedang naik daun pada tahun 2013 lalu. Dirinya mendapat kontrak untuk menggunakan sneaker Mr Stash x Reebok Classics dalam beberapa aksi manggungnya. Bahkan dalam sebuah video wawancara Travis Scott mengaku sebagai pecinta Reebok karena semasa sekolah sering banget menggunakannya.

Empat tahun berselang, collab pertamanya dengan sebuah brand pun rilis. Bukan Nike atau adidas, brand pertama yang collab bareng Travis Scott adalah brand sneaker asal Italia bernama Helmut Lang. Travis Scott x Helmut Lang pun resmi dirilis pada tahun 2017.


Bahkan bukan cuma sneakers, Travis Scott bekerja sama untuk beberapa produk fashion lainnya. Ini semua berkat selera fashion-nya yang unik dan banyak ditiru orang, dan brand asal Italia tersebut adalah brand pertama yang berhasil mendapat kerjasama eksklusif dengan sang rapper.

Di tahun yang sama, dirinya mendapat kesempatan besar untuk collab bareng dengan Jordan Brand dalam suatu proyek sneaker. Sneaker pilihannya pun jatuh kepada Jordan Trunner LX. Dengan selera fashionnya yang unik, Travis mengatakan dirinya gak mau merilis sesuatu yang tradisional, makanya sang rapper merilis Jordan Trunner LX yang penuh warna dalam collab Travis Scott x Jordan Trunner LX “Cactus Jack”.


Ternyata Jordan Brand gak berhenti di Trunner LX. Nama ‘Cactus Jack’ pun kembali muncul dalam Travis Scott x Air Jordan 4 “Cactus Jack” yang juga rilis tahun 2017 lalu. Keterlibatannya dengan seri Air Jordan 4 terus berlanjut hingga tahun 2018 dengan rilisnya seri Olive dan Purple Suede. Kedua seri ini mendapat banyak banget respon positif dari para sneakerhead dan penggemarnya.

Tapi mungkin bicara collab Travis Scott dengan brand sneaker, yang paling ikonik adalah collab-nya dengan Air Jordan 1. Colorway Air Jordan yang biasanya didominasi warna merah, hitam, dan putih kini dilapisi suede berwarna coklat yang bikin sebuah kontras memukau.


Debut ke publik pada majalah Rolling Stones, Travis Scott x Air Jordan 1 langsung banjir pujian dari sneakerhead maupun para penggemarnya. Perpaduan antara premium leather berwarna putih dengan suede coklat yang mendominasi emang bikin siapapun jatuh cinta ketika melihatnya.

Kesuksesan Travis Scott x Air Jordan 1 bikin mereka bikin varian terbaru dari seri satu ini. Kini Jordan Brand, Nike, dan Travis Scott merilis varian low top dengan logo swoosh yang dibalik. Ini bikin seri Travis Scott x Air Jordan 1 Low terlihat unik dan standout di antara banyak sneaker lain yang dirilis tahun 2019 lalu.


Setelah collab bareng sub brand Nike, kini Travis Scott mengambil alih seri flagship dari brand tersebut. Masih di tahun 2019, Travis Scott secara misterius pernah memberikan sepasang sneaker yang belum punya nama kepada seorang fans-nya dalam sebuah konser.

Sneakers tersebut punya berbagai detail yang menarik sebagai sebuah signature dari selera fashion yang unik dari sang rapper. Setelah beberapa lama dari momen dirinya memberikan sneaker tersebut kepada seorang fans, rilis lah Travis Scott x Air Force 1 “Cactus Jack”. Yap, nama Cactus Jack masih melekat sebagai ciri khas desain yang diberikan oleh Travis Scott.


Tentu aja ini langsung jadi salah satu rilisan terbaik dan juga salah satu rilisan favorit tahun 2019 lalu. Bahkan sebelum sneaker tersebut jadi terkenal saat rilis, fans yang sebelumnya diberikan sepasang dalam sebuah konser pernah menolak tawaran sebesar USD $100.000 yang datang pada dirinya.

Satu lagi yang paling menarik perhatian para sneakerhead adalah sneaker rilisan tahun ini, Bro. Travis Scott x Nike SB Dunk “JackBoys”. Sneaker satu ini ternyata mengambil inspirasi dari EP yang sang rapper rilis pada Desember 2019 lalu yang berjudul JackBoys. Video klip dari EP tersebut lah yang pertama kali menampilkan siluet dari SB Dunk Jack Boys ini.


Siapa tau, kejutan apa lagi yang bakal dibuat oleh Travis Scott dengan collab yang dilakukannya dengan berbagai brand sneaker besar. Atau mungkin nasi Cactus Jack bakal seperti Air Jordan dan YEEZY yang akhirnya bakal berdiri sendiri sebagai sebuah brand.

Ngomong-ngomong soal sneaker dan Travis Scott, lo bisa loh dapetin dua dari sneaker collab ikonik di atas tanpa harus meninggalkan rumah. Soalnya, LAzone dan Bandung Sneaker Season bakal ngadain raffle. Lo bisa ikutan raffle dengan klik link ini, Bro!

Ada Travis Scott x Air Force 1 dan Travis Scott x Air Jordan 1 saat raffle di Bandung Sneaker Season 2020 ini, Bro. Selain itu, ada juga nih Air Jordan 1 Fearless dan Nike SB Dunk Low x Off White Red di sesi raffle kali ini. Kalau lo penasaran, jangan sampe kelewatan dan pantengin terus event online Bandung Sneaker Season di website, channel YouTube, dan juga akun Instagram BSS 18 September - 17 Oktober ini Bro!

Jangan lupa juga buat follow dan dapetin update menarik lainnya dari semua media sosial @lazone.id!