Tren Streaming Music dan Segala Permasalahannya

LAZONE.ID - Sementara, Spotify mengklaim punya sekitar 100 juta lagu dalam bank lagunya. Selain itu, mereka juga mengklaim punya sekitar 50 juta pengakses sejak 2006 silam.

Penikmat musik di dunia kayaknya udah nggak ada kesulitan lagi untuk bisa mendengarkan musik kesukaannya. Majunya teknologi membuat munculnya terobosan dalam industri musik dunia.

Salah satu terobosan yang lagi nge-hits beberapa belakangan ini adalah situs streaming musik. Mungkin di Indonesia masih terasa asing, tapi kalau bicara dunia hal itu bukan jadi barang baru.

Dimulai dari Spotify, Guvera hingga beberapa nama-nama baru kayak Apple Music dan Tidal. Nama terakhir memang belakangan paling sering diomongin. Alasannya banyak musisi yang terlibat dalam Tidal.

Sebut saja nama seperti Jay-Z, Madonna hingga Lil Wayne yang ternyata punya 'bagian' dari investasi situs tersebut. Selain itu ada juga Apple Music yang disebut situs paling diminati oleh para penikmat musik Indonesia.

Sementara, Spotify mengklaim punya sekitar 100 juta lagu dalam bank lagunya. Selain itu, mereka juga mengklaim punya sekitar 50 juta pengakses sejak 2006 silam.

Sedangkan untuk Tidal mengaku punya 25 juta lagu dan lebih dari 75 ribu video klip yang bisa diakses dalam situs tersebut. Penggunanya sekitar 580 ribu orang dari seluruh dunia semenjak dirilis sejak setahun lalu.

Dan, paling bungsu adalah Apple Music. Tersebar di 100 negara di dunia, situs itu mengaku punya jutaan lagu dengan jumlah pengakses mencapai ribuan dan terus bertambah sejak dirilis Juni 2015 lalu.

Tapi menjamurkan situs-situs tersebut bukan begitu saja nggak ada masalah. Spotify pernah berseteru dengan Taylor Swift yang nggak mau taruh lagunya dalam situs itu.

Nggak cuma di Spotify, Swift juga sempat menolak untuk mencantumkan lagu-lagunya di situs Apple Music. Kemudian ada juga Tidal yang kayaknya akan kehilangan Jay-Z yang merupakan salah satu icon dari situs tersebut.

Uang pun jadi akar masalah dari ketiga permasalahan itu. Tapi di luar dari semua itu, setidaknya jutaan orang di dunia sudah mulai menikmati dan terbiasa untuk bisa menikmati musik lewat situs streaming lagu.