Waduh! Adele Dituduh Plagiat Lagu Musisi Turki

LAZONE.ID - Nama Adele lagi hangat jadi buah bibir penikmat musik dunia. Salah satu bahasannya adalah meledaknya album baru Adele yang berjudul '25'.

Nama Adele lagi hangat jadi buah bibir penikmat musik dunia. Salah satu bahasannya adalah meledaknya album baru Adele yang berjudul '25'.

Seiring sama kisah kesuksesan album itu, ada kabar tak sedap yang muncul. Adele dituduh plagiat lagu musisi Turki bernama Ahmet Kaya.

Jadi cerita berawal saat Adele mamerin lagu barunya berjudul 'Million Years Ago'. Tiba-tiba lagu itu mengundang perhatian para pengguna sosial media di Turki.

Beberapa netizen Turki sempat menyebut bahwa lagu 'Million Years Ago' mirip banget dengan salah satu lagu Ahmet berjudul 'Acilara Tutunmak' ('Clinging to Pain'). 'Acilara Tutunmak' ('Clinging to Pain') sendiri lebih dulu dirilis pada 1985 silam.



Sontak aja, kemiripan dua lagu itu jadi buah bibir dan tudingan plagiat pun kayak nggak bisa dihindarkan. Secara sekilas kedua lagu itu memang terdengar mirip tapi ada beberapa part yang terdengar berbeda.

Pengamat musik dari Turki, Naim Dilmener menyebut memang ada kemiripan. Tapi Naim yakin nggak ada unsur kesengajaan dari Adele untuk menyamakan dengan lagu Ahmet.

"Saya rasa Adele nggak pernah dengerin lagu Ahmet. Jadi tidak mungkin ia menjiplak," ucap Naim seperti dikutip NME.

Sampai saat ini belum jelas mau dibawa kemana tudingan tersebut, melihat Ahmet sendiri sudah wafat pada 2000 lalu. Kemudian, Adele sendiri masih belum mau berkomentar soal tudingan itu.

Yuk, simak dua lagu itu:

<iframe width="646" height="332" src="https://www.youtube.com/embed/qK4OW7hIJGg" frameborder="0" allowfullscreen></iframe>

<iframe width="646" height="332" src="https://www.youtube.com/embed/ikD3-MCH55w" frameborder="0" allowfullscreen></iframe>