5 Hobi Murah yang Bisa Lo Lakuin #dirumahaja

LAZONE.ID - Hobi tidak harus mahal, yang penting lo bisa tetap berkarya!

Di saat pandemi dan PSBB seperti ini, banyak dari kegiatan lo yang harus terhenti karena harus #dirumahaja. Tapi bukan berarti lo nggak bisa melakukan sesuatu untuk mengisi waktu luang.

Ini justru saatnya menemukan hobi baru bro. Sesuatu yang mungkin bisa lo nikmati saat sedang di rumah saja. Beberapa hobi di bawah ini mungkin bisa lo coba saat lagi karantina di rumah. Karena nggak perlu ke mana-mana, hobi-hobi ini bisa lo lakuin tanpa ke luar rumah.

1. Menggambar/ilustrasi



Kalau selama ini lo nggak pernah percaya diri dengan skill menggambar, ini waktunya untuk belajar skill baru. Banyak waktu di antara kerja dari rumah atau kuliah online untuk belajar menggambar.

Dengan bermodal pensil dan pensil warna, lo bisa melatih kemampuan menggambar dan ilustrasi lo dituntun video-video gratis dari YouTube. Lo juga bisa mendokumentasikan progress loe dengan mengunggah foto dan video ke media sosial.

2. Fotografi dengan HP



Kamera HP zaman sekarang sudah canggih. Eksplor kemampuan kamera hape yang lo punya dengan teknik-teknik memotret dengan ponsel. Dalami dan coba fitur-fitur yang ada di aplikasi kamera hape lo untuk mendapatkan gambar terbaik.

Lakukan metode do it yourself untuk menciptakan efek bokeh, manfaatkan benda-benda di sekitar rumah untuk menghasilkan efek bayangan yang unik, atau setitik air untuk membuat efek makro di kamera ponsel loe.

3. Memulai podcast



Di era podcast seperti sekarang ini sangat mudah untuk menghasilkan konten audio dengan kualitas yang nyaman didengarkan. Lo hanya butuh smartphone dan aplikasi perekam suara serta akun distribusi podcast seperti Anchor.

Merekam dengan Anchor pun bisa dilakukan dengan sangat mudah. Terlebih Anchor memiliki banyak fitur seperti backrgound audio hingga efek-efek transisi untuk menjadikan podcast lo lebih oke. Pilih topik yang sesuai dengan kesukaan lo seperti otomotif, true crime, cerita horor, atau ulasan gadget.

Nah, supaya tetap bisa #sendiriuntukbersama, lo bisa ajak teman lo buat kolaborasi dengan menggunakan aplikasi Zoom atau Google Meet.

4. Bikin video musik



Pilih satu lagu yang lo suka lalu imajinasikan video musiknya sesuai dengan keinginan lo. Setelah itu, bermodalkan alat-alat sederhana yang ada di sekitar rumah (tentunya sesuai kebutuhan cerita) dan smartphone, lo bisa bikin video musik versi lo.

Buat shot-shot sederhana kemudian edit dengan aplikasi ponsel seperti Adobe Premiere Rush. Jadikan orang rumah sebagai modelnya dan jangan lupa untuk mengunggah video lo ke YouTube.

5. Ikut kelas online



Di masa karantina ini adalah waktu yang pas buat lo untuk ikut kelas online demi memperdalam hobi-hobi lo tadi. Mulai dari kelas fotografi hingga gitar untuk pemula, lo bisa cari dan ikutan berbagai kelas online dengan biaya mulai dari Rp 200 ribuan.

Lo bisa cek kelas online di kelas.commasterclass.com, atau udemy.com. Ada banyak pilihan kelas online untuk segala hobi yang lo sukai.

So tunggu apa lagi, jangan cuma bengong-bengong di rumah aja, LET'S DO IT!

Nah, kalau lo punya ide hobi yang lain, please share ide lo dengan hashtag #dirumahaja #sendiriuntukbersama

Di sela-sela hobi yang lo lakukan saat #DiRumahAja, lo juga bisa ikutan jadi member lazone.id dan ikutin semua activity yang ada di mypoints.lazone.id. Kumpulin poin lo sebanyak-banyaknya dan lo bakal punya kesempatan buat dapetin hadiah keren setiap bulannya!