Ada banyak alasan kenapa anak-anak daerah memilih untuk merantau di Jakarta. Nggak cuma karena di Jakarta ada banyak banget hal yang daerah lain nggak punya seperti konser musik dan sarana hiburan lainnya. Tapi Jakarta juga city of dreams buat mereka yang pekerja keras.

Ada banyak banget bidang pekerjaan yang mungkin di daerah nggak ada atau nggak semaju di Jakarta. Gaji pun lebih oke di Ibukota. Walaupun tentu saja, biaya hidup juga nggak bisa dipungkiri lebih mahal. Mana lagi loe harus betah jauh dari keluarga dan tinggal di kost atau apartemen.

Kelamaan tinggal di kost bikin kebiasaan loe yang dulu sering muncul di rumah bisa hilang pelan-pelan. Kalau ada satu atau lebih dari poin-poin di bawah ini yang bikin loe manggut-manggut, berarti loe sudah terlalu lama nge-kost bro.

1. Ini nggak berantakan. Ini wajar.



Di rumah biasanya nyokap akan ngomel-ngomel kalau ngeliat kamar loe yang nggak pernah rapi. Tapi kalau di kosan, kondisi berantakan bukanlah hal yang mengherankan. Tapi sudah jadi sesuatu yang wajar. 

Temen-temen loe yang mampir bakal hapal sama kondisi kamar loe dan cuek aja. Loe sendiri nyaman dengan kondisi seperti itu karena kadang-kadang bikin loe jadi gampang nemuin sesuatu yang sedang loe cari.

2. Ngapain sih nyuci baju? Laundry ajalah!



Nge-kost bikin loe jadi malas untuk melakukan "pekerjaan rumah tangga". Kalau kamar loe aja berantakan, mana ada niat untuk nyuci baju sendiri. Ya kan? Loe akan lebih memilih memanfaatkan tukang laundry untuk urusan ini. Karena selain bersih dan wangi, loe juga nggak perlu kerepotan. Paling ya pengeluaran lebih aja.

3. Mau makan tapi males gerak.



Weekend bisa jadi hari loe akan tidur berjam-jam. Tapi rasa lapar kadang nggak bisa ditahan. Loe berniat bangun untuk beli makan tapi badan loe rasanya males banget buat gerak. Akhirnya nyerah dan memilih untuk nggak makan lalu tidur lagi.

4. Mau marah sama tetangga karena ganggu banget!



Kalau loe tinggal di kost-an yang isinya mahasiswa semua sih aman. Kelakuan ya 11-12 lah. Kalaupun ada yang ganjil, ya paling nggak akan terlalu mencolok. Tapi kalau kost-an loe campur sama mereka yang sudah berkeluarga, duh, kelar!

Kadang-kadang loe jadi pengin marah-marah karena denger mereka berantem karena berisik misalnya. Apalagi kalau sudah masalah buang sampah di depan kamar loe. Duh emosi! Tapi loe seringkali nggak bisa berbuat banyak sih.

5. Di mana ada makan gratis, di situ ada saya.



Mungkin ini adalah motto loe selama jadi anak kosan. Makanan gratis buat yang nge-kost adalah berkah banget. Iyalah! Loe itung-itung bisa hemat pengeluaran buat makan. Apalagi kalau makanan gratisnya terbilang mewah, nggak sekelas warteg yang biasa loe makan setiap hari. Pasti makin bahagia.