Merdeka.com - Ternyata, di setiap smartphone yang beredar di pasaran, apapun mereknya, mengandung logam mulai emas di dalamnya.

banner-ads

Seperti dilansir PhoneArena (27/1), emas digunakan sebagai bahan kabel dalam chip yang terkandung di dalam smartphone. Emas dipilih karena daya konduktivitas dan kelenturan sifatnya yang sangat baik. Hal itu memungkinkan agar smartphone bisa mendapatkan sinyal yang baik dan chip bisa bekerja dengan sangat efektif meskipun hanya didukung dengan kabel yang sangat tipis.

Selain itu, berdasarkan lansiran tersebut, emas bukanlah satu-satunya logam mulia yang dapat ditemukan dalam sebagian besar perangkat smartphone yang beredar di pasaran. Perak dan platinum juga digunakan dalam beberapa komponen perangkat smartphone.

Nah, tidak heran jika smartphone saat ini rata-rata beredar di pasaran dengan harga yang relatif mahal. Mahalnya harga smartphone ini salah satunya adalah diakibatkan oleh penggunaan logam mulia seperti emas, perak, dan platinum di dalamnya.

Berdasarkan data yang dilansir 911 Metallurgist (25/1), sebagai contoh, perangkat iPhone diketahui mengandung sekitar 0,0012 ons emas, 0,012 ons perak, dan 0,000012 ons platinum.

Jadi, jika beberapa orang menyebutkan jika smartphone merupakan salah satu perangkat mewah, hal itu memang tak salah karena memang ada beberapa logam mulia yang terkandung dalam perangkat mobile ini.

ada-kandungan-emas-di-setiap-smartphone