Negeri tercinta ini sepertinya lagi banyak cobaan. Setelah Jakarta diumumkan sebagai kota paling macet dan nggak nyaman di dunia, kini predikat-predikat buruk mulai merambat ke skala yang lebih gede lagi! Bussines Insider menyatakan jika Indonesia adalah negara yang paling berkontribusi dalam pencemaran lautan lewat jutaan ton yang dihasilkan. Duh, lagi-lagi!

Meskipun bukan peringkat pertama, tapi Indonesia ada di urutan kedua dari 192 negara berpantai yang paling sering buang sampah sembarangan dalam jumlah terbanyak. 8 juta ton tentunya bukan jumlah yang wajar. Ngerinya lagi, sampah sebanyak itu dihasilkan dalam kurun waktu yang nggak lama.

Seorang ilmuwan dari Universitas Georgia, Jenna Jambeck menyatakan jika faktor penyebab paling besar tingginya sampah yang dihasilkan negara dengan perkembangan pesat seperti Indonesia. Hal ini juga makin diperparah dengan ketidakpedulian terhadap daur ulang juga menjadi penyebab jutaan sampah terombang-ambing nggak jelas di laut.

Fatalnya lagi, keadaan ini bisa makin parah jika nggak ada upaya yang dilakukan. Sampah bakal bisa menutupi laut dikit demi sedikit. “Ini masih bisa bertambah para. Jika kita berasumsi bila kehidupan ekonomi masih akan terus berkembang seperti saat ini, jumlah penduduk terus bertambah, maka jumlah sampah plastik yang memenuhi lautan bakal naik dua kali lipat di tahun 2025,” ungkap Jambeck. Wuih, udah nggak kebayang deh 16 ton sampah bentuknya kayak apa.

Jika 8 juta ton aja udah luasnya menyamai 2,5 kali luas Jakarta, 16 ton mungkin bakal bikin peta Jawa Barat di lautan. Nggak ada cara lain untuk menghentikan ini selain lebih sadar akan lingkungan serta mulai mengaplikasikan teknologi daur ulang super canggih untuk menyikat habis sisa sampah sekarang. Biar Indonesia nggak makin buruk lagi di mata dunia. What so you think, Guys?