Dalam sebuah wawancara almarhum Gus Dur pernah berkata, anggota DPR kelakuannya nggak lebih dari anak TK yang saling berebut mainan dan saling bermusuhan. Ucapan mantan presiden tersebut terbukti beberapa tahun silam dan kini hal tersebut terjadi lagi. Kali ini perkelahian seru bak memperebutkan gelar tinju profesional dilakukan oleh politikus Partai Demokrat Mulyadi dengan politikus PPP Mustofa Assegaf dalam sebuah rapat di komisi VII DPR.

Seperti biasa, pemicunya terjadi akibat saling adu argumen satu sama lain. Mulyadi selaku pimpinan rapat mengatakan agar Mustofa nggak lagi melakukan interupsi lantaran waktu yang terlalu lama. Nggak terima dengan pernyataan tersebut, keduanya langsung berinisiatif menyingsingkan lengan baju dan berduel seru.

© Merdeka

Yup, citra DPR sebagai salah satu lembaga paling tinggi di Indonesia ini makin tercoreng dengan adanya kejadian ini. Menanggapi hal tersebut Mahkamah kehormatan dewan yang diwakili oleh Sufmi Dasco Ahmad bakal meminta keterangan keduanya karena melakukan pelanggaran kode etik. Rencananya hari ini surat panggilan bakal dikirimkan.

Meskipun belum jelas sangksi untuk keduanya, tapi perbuatan Mustofa yang memukul Mulyadi bisa dikenakan teguran hingga pemecatan.

Nah, menurut loe gimana nih kejadian yang memalukan ini? Sebaiknya, ada pihak yang menetapkan hukuman yang cukup berat agar kejadian seperti ini nggak terulang lagi. Berwawasan luas kenapa adu argumen aja sampai bisa jadi turun tangan. Heran deh!