Masih sekitar 2 tahun lagi sebelum akhirnya Ahok turun dari jabatannya sebagai penguasa tertinggi Jakarta. Meskipun demikian, udah ada tuh nama-nama yang digadang bakal bersaing dengan mantan Bupati Bangka Belitung tersebut. Di antara banyak nama yang paling santer adalah Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil. Banyak alasan kenapa sosok yang sering disapa Kang Emil ini layak bersaing dengan Ahok.

Mulai dari perfomance-nya di KAA yang mengundang takjub sampai menegur anak muda yang ramai di Instagram beberapa waktu lalu, merupakan sedikit dari banyak hal yang udah dilakukan Ridwan Kamil. Ibarat match liga champion antara Real madrid dan Juventus, kalau dibikin head to head kayak gimana sih dua tokoh ini?

Popularitas

Kalau ngomongin popularitas keduanya, boleh tuh dibilang imbang. Ahok banyak banget pendukungnya, begitu pula dengan Ridwan Kamil yang begitu dijunjung tinggi sama warga Bandung. Tapi, dalam sebuah survey yang dilakukan oleh Cyrus, Ahok menang telak dengan meraih 35,5 persen dari total suara soal. Kang Emil hanya mendapatkan sekitar 14,8 persen aja. Namun demikian, Ridwan Kamil jauh lebih unggul di ranah sosmed.

Inovasi

Keduanya punya otak brilian dan pemikiran revolusioner. Ahok sangat matang perencanaan dan eksekusinya meskipun terhambat masalah waktu sehingga realisasinya belum banyak kelihatan. Hal yang sama juga ditunjukkan oleh Ridwan Kamil yang sering banget membuat inovasi unik mulai app anti begal hingga mobil sampah keren. Tapi, soal pengelolaan level gubernur, Ahok jelas lebih unggul.

Haters

Yup, nggak cuma artis doang, para pejabat kita juga punya haters. Bahkan mereka sering banget jadi bahan obrolan di sosmed buat dikulik aibnya. Dilihat dari sisi haters, Ridwan Kamil menang telak Bro! Buktinya, hampir jarang banget tuh yang ngobrolin Kang Emil baik di diskusi terbuka maupun di sosmed. Berbeda dengan Ahok yang meskipun dielu-elukan banyak orang tapi nggak kurang-kurang yang mencemoohnya.

Persaingan keduanya sangat imbang kalau dirata-rata. Jadi, bisa diartikan siapa pun nggak ada yang mendominasi. Kalau dua nama ini benar-benar muncul di bilik TPS, mana yang bakal loe pilih Bro?