Sejak hilang pada Minggu pagi, akhirnya pesawat AirAsia dengan nomor penerbangan QZ 8501 mulai menunjukkan tanda-tanda keberadaannya. Setelah dilakukan pencarian oleh berbagai pihak meliputi Basarnas, TNI AU dan TNI AL, di berbagai titik, akhirnya ditemukan puing-puing dari pesawat jenis air bus tersebut di sekitar Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah.

“Jadi baru saja dapat berita bahwa pesawat kementerian perhubungan dari kalibrasi berhasil melihat adanya serpihan warna merah dan putih di perairan Pangkalan Bun,” ungkap Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Djoko Murjatmojo.

Meskipun hanya berupa puing-puing, tapi diyakini jika itu adalah badan milik pesawat AirAsia. Pasalnya dari serpihan yang ditemukan, berwarna merah putih yang emang identik dengan pesawat tersebut. Ada sebanyak tiga bagian yang ditemukan dengan jarak berdekatan.

Tak hanya puing-puing, tim pencari gabungan tersebut juga berhasil menemukan enam jenazah. Masing-masing ditemukan di daerah yang hampir sama dengan puing-puing yang diindikasi adalah milik QZ 8501. Saat ini ada tiga jenazah yang udah dievakuasi untuk dilakukan tindakan lebih lanjut.

Sementara itu, suasana duka menyelimuti banyak tempat, terutama di Surabaya. Banyak posko-posko yang didirikan untuk dijadikan lokasi tanggap darurat. Bahkan pemkot surabaya juga udah mempersiapkan sebanyak 84 unit ambulan untuk berjaga-jaga.

Pencarian mendalam bakal masih terus dilakukan. Cuaca yang nggak bersahabat, membuat tim pencari gabungan belum bisa maksimal mencari bukti-bukti lain yang masih mungkin untuk ditemukan.