Teknoup.com --- Ingin membuat proyek film dengan bermodalkan ponsel? Sebuah proyek di situs penggalang dana Kickstarter muncul, untuk membuat sebuah adapter lensa anamorphic yang kompatibel dengan iPhone 5 dan 5s. Format Anamorphic adalah teknik sinematografi untuk merekam video dalam format layar lebar, yang dimampatkan dengan menggunakan film 35mm atau media lain yang tidak memiliki aspek rasio layar lebar seperti bioskop, lalu kemudian mengembalikan video ke ukuran aslinya ketika diproyeksikan ke layar lebar bioskop. Sutradara Star Trek dan Star Wars yang akan datang, J.J. Abrams, menggunakan teknik ini di beberapa filmnya.

 


Adapter Anamorphic 1.33x untuk iPhone ini akan menambah scene video sebesar 33 persen lebih lebar daripada yang seharusnya. Anda harus mengembalikan video 16:9 yang dihasilkan iPhone ke format layar lebar melalui software editor video di PC, dijadikan video dengan aspek rasio layar lebar 2.4:1, seperti layar bioskop kurang lebih. Sementara foto 4:3 bawaan iPhone bisa dijadikan 16:9.

Untuk memesan Anamorphic Adapter dari Moondog Labs ini, pembeli harus memberikan dana paling tidak 125 dolar. Proyek penggalangan dananya sendiri sudah melewati tujuan awal 30 ribu dolar. Produknya sendiri akan dikapalkan Maret 2014.