Bukan perkara mudah seperti membalik telapak tangan untuk membuat perusahaan yang awalnya berangkat dari garasi sebelah rumah menjadi salah satu worldwide company yang mencengkeram dunia saat ini. Yup, Apple is we want to talk about. Berkat tangan besi Jobs, Apple benar-benar menggila. Businessinsider menuliskan jika hal tersebut dikarenakan begitu beraninya Jobs melakukan gerakan-gerakan hebat semasa hidupnya.

Berikut hal-hal hebat yang pernah dilakukan sang maestro teknologi dunia tersebut.

Mengganti hampir seluruh dewan direksi

Gil Amelio dan jajaran direksi yang lain dianggap Jobs sebagai faktor utama kemunduran Apple beberapa dekade lalu. Tanpa terlalu banyak melakukan analisa dan sebagainya, Steve kemudian mengganti semua top management dengan orang-orang baru serta menukangi sendiri Apple dengan menjabat sebagai CEO.

Memperkenalkan fitur touch screen untuk pertama kalinya

Saat ini mungkin sangat ganjil ketika melihat smartphone didesain tanpa menyematkan touchscreen di dalamnya. Tapi dulu awal tahun 2007, kondisinya jauh berbeda. Mayoritas orang bakal menyukai handphone dengan tombol-tombol fisik di atasnya. Apple merusak tradisi ini dengan meluncurkan ponsel layar sentuh pertama, dan coba tebak? It was very successful!

Memilih AT&T saat Mobile Carrier mengontrol semuanya

Mobile carier seperti Verizon punya aturan yang cukup mengekang misalnya harus menyematkan brand mereka kepada ponsel besutan mitra kerja. Apple yang idealis nggak mau user interface mereka dikotori dengan hal-hal yang semacam itu. Akhirnya Jobs pun menggandeng AT&T yang setuju bekerja sama tanpa menyematkan brand mereka. Hal tersebut berhasil dan jadi kerja sama saling menguntungkan bagi keduanya hingga saat ini.

Nggak heran kenapa Apple jadi produk premium tapi laku. Kreatornya sendiri menerapkan ide-ide fantastis sejak awal. Tanpa mengesampingkan Tim Cook, seandainya Steve masih bekerja di Apple saat ini, mungkin udah banyak pengembangan unpredictable dan ciamik yang dihasilkannya.