Teknoup.com --- Amazon baru-baru ini merilis laporan akhir tahun 2013 yang memberikan gambaran bagaimana tren penjualan barang-barang di situs e-commerce terkemuka tersebut. Beberapa hal yang menonjol kali ini diantaranya adalah catatan rekor penjualan sebanyak 426 barang per detik, makin populernya pembelian lewat perangkat mobile, kelarisan penjualan Xbox One dan PS4, dan tumbangnya dominasi penjualan laptop berbasis Windows oleh Chromebook untuk pertama kalinya.

Menurut Amazon, lebih dari separuh konsumen Amazon membeli produk lewat perangkat/gadget mobile di musim liburan akhir tahun 2013 ini. Sementara itu, penjualan konsol Xbox One dan PlayStation 4 pada saat puncak penjualan mencapai angka lebih dari 1000 unit per menit.

Amazon juga mencatat bahwa pada tahun 2013, untuk pertama kalinya jajaran laptop Chromebook yang berbasis sistem operasi Chrome OS mampu menggeser penjualan laptop berbasis Windows OS. Chromebook Acer C720 dan Samsung Chromebook mampu menduduki peringkat pertama dan kedua dalam daftar laptop terlaris, diikuti Asus Transformer Book T100 yang berbasis Windows OS di posisi ketiga.

Salah satu faktor yang membuat laptop Chromebook laris adalah harganya yang sangat terjangkau. Di Amazon, Chromebook buatan Acer dan Samsung tersebut dijual dengan harga hanya USD 199 (kurang lebih 2,4 juta rupiah), atau sekitar separuh dari harga jual Asus Transformer Book T100 berbasis Windows OS yang dibanderol seharga USD 419 (sekitar 5 juta rupiah). Kelarisan Chromebook ini juga yang membuat Microsoft beberapa bulan yang lalu melakukan kampanye "Scroogled" yang mendiskreditkan Chromebook dan menyebutnya sebagai bukan sebuah laptop. Selain itu, Microsoft juga dinilai gagal dalam memasarkan sistem operasi terbaru buatannya yaitu Windows 8.1 yang masih kalah pamor daripada Windows 7 maupun Windows XP.

Apakah Microsoft akan mampu bangkit dan mengaktualisasikan produk-produknya dengan merekrut CEO baru pengganti Steve Ballmer?