Nggak hanya penemuan bidang teknologi maupun IT aja nih yang bermanfaat untuk manusia. Ada pula beberapa eksperimen menyangkut tumbuh-tumbuhan yang berhasil mencatatkan hal unik. Seperti sebuah tanaman di Inggris ini yang bisa memunculkan tomat dan kentang dalam satu pohon.

Adalah sebuah perusahaan hortikultura asal Inggris bernama Thompson and Morgan, yang berhasil menciptakan tanaman keren ini. Diketahui, penelitian in telah dilakukan selama bertahun-tahun hingga akhirnya berhasil memenuhi ekspektasi si empunya ide.

Siapa yang menyangka jika tanaman ini awalnya hanyalah sebuah lelucon. Dulu ketika Paul Hansord yang merupakan direktur Thompson and Morgan, berkunjung ke Amerika Serikat dan kemudian mendapati banyak orang yang menanam kentang di bawah pohon tomat sebagai lelucon. Hal tersebut akhirnya malah menjadi inspirasi untuknya.

Pohon yang diberi nama TomTomato ini sama sekali nggak ada pengaplikasian mutasi genetis dan sebagainya. Ia murni tumbuhan yang dikawinkan secara alami, pasalnya tomat dan kentang ternyata memiliki keluarga yang sama. Jadi, mengonsumsi tomat maupun kentangnya sangat aman. Hal tersebut juga udah melalui uji alpha-solanin untuk memeriksa racun yang ada di dalam tumbuhan.

TomTomato udah dipasarkan secara komersial. Dengan harga sekitar Rp 28,6 juta, kamu bisa memiliki tumbuhan unik ini dengan ukuran sekitar 9 cm. Seperti tanaman tomat pada umumnya, ia bisa dibudidayakan di taman rumah atau bahkan di dalam ruangan. Hmm, tertarik?