Jalan di kota-kota besar hari ini dipastikan makin padat aja. Bukan lantaran demo atau protes, tapi bakal ada karnaval dan arak-arakan untuk memperingati Hari Kartini yang jatuh hari ini. Meskipun bukan tanggal merah, Hari Kartini patut buat dirayakan dengan cara yang berbeda. Well, apa sih arti Kartini buat loe, Bro?

Pejuang emansipasi, itu jawaban sejak zaman sekolah dasar dan saat ini masih digaungkan sebagai momentum yang pas untuk lebih menghargai kaum wanita. Jika dulu Kartini menyesalkan para perempuan yang nggak bisa mendapatkan kesetaraan hak, kini sang ‘Putri Sejati’ dalam lirik lagunya tersebut udah bisa bernapas lega.

Petugas SPBU di Hari Kartini / © Merdeka

Yup, para wanita kini udah sangat sejajar dengan pria dalam bentuk apa pun. Mulai dari pendidikan, karir hingga kehidupan sosial. Meskipun begitu, nggak sedikit pula wanita yang masih mengalami kekerasan seperti kasus yang lagi booming sekarang ini hingga ada pula berujung kematian. Kesimpulannya, para wanita saat ini masih belum benar-benar merdeka.

Seperti sambutan pak camat dalam upacara senin pagi, momentum Hari Kartini harusnya bisa lebih menyadarkan banyak orang betapa Kartini begitu berjasa memberikan sumbangsihnya bagi wanita negeri ini. Harapannya, wanita nggak hanya mampu berdiri di atas kaki sendiri tapi juga mampu membawa kebaikan bagi sekitarnya. Jadi, apa makna hari kartini versi loe, Guys?