Teknoup.com --- iPad pada awalnya diluncurkan dengan salah satu misi memudahkan penggunaan perangkat komputasi tanpa ketergantungan alat lain, salah satunya stylus. Tapi faktanya ditemukan sebuah pengajuan paten mengenai teknologi stylus oleh Apple. Paten stylus sebenarnya pertama kali ditemukan tahun 2012 lalu, dan untuk paten kedua stylus tersebut dilengkapi teknologi yang lebih pintar. iPen ini sudah dipikirkan pada 2011, di tahun pertama kali paten diajukan.

iPen tentu tidak sekedar stylus biasa, dimana memiliki sensor orientasi yang dapat menentukan orientasi stylus ke layar sentuh. Tentunya hal ini akan memberikan tingkat akurasi saat melakukan input tulisan tangan. Orientasi di stylus ini dapat digunakan untuk menentukan lebar dan tingkat kegelapan dari garis yang ditampilkan di layar. Seperti contoh jika pengguna menggambar garis dengan keadaan stylus tegak akan menghasilkan garis yang berbeda jika digunakan dengan orientasi stylus miring. Hal ini akan meningkatkan pengalaman menggunakan stylus yang lebih nyata, dimana menjadi penghalang besar bagi Steve Jobs jika sebuah stylus tidak terasa natural atau intuitif.

Adanya pengajuan paten tentu tidak menjamin bahwa teknologi tersebut akan direalisasikan, tapi menandakan bahwa Apple memiliki recana untuk menggunakannya kedepan. Apakah akan hadir perangkat tablet tulis-tulis pesaing Samsung Galaxy Note dari Apple? Kita tunggu saja perkembangannya.

main_mid.[2]