Merdeka.com --- Salah satu bug paling berbahaya dalam sejarah internet modern, Heartbleed, dikabarkan masih tetap berkeliaran di situs-situs yang belum melakukan proteksi terbaru terhadap invasibug yang telah menular di sekitar 500.000 website di seluruh dunia itu.

Beragam dampak negatif bisa dialami pengguna yang perangkat komputer maupun mobile -nya telah disusupi oleh bug ini. Heartbleed bisa meretas memori pusat tiap perangkat komputer untuk mengambil data-data penting berupa password, username, hingga nomor kartu kredit.

Oleh sebab itu, menurut CNET penting bagi setiap pengguna internet untuk melakukan aksi-aksi pencegahan terhadap serangan Heartbleed. Karena kini Heartbleed bisa singgah cookies browser tempat Anda melakukan surfing internet.

Yang pertama sebaiknya dilakukan adalah tidak melakukan log in ke situs-situs yang tidak dikenal, bahkan menggunakan akun jejaring sosial Anda. Sebelumnya, situs-situs besar semacam Yahoo dan Tumblr bahkan meminta para penggunanya untuk segera mengganti password demi keamanan lebih lanjut karena diperkirakan telah disusupi oleh bug itu.

Jika situs-situs dengan tingkat keamanan tinggi seperti Yahoo dan Tumblr saja bisa kecolongan dan disusupi Heartbleed, kemungkinan besar banyak situs lain yang lebih rentan diam-diam telah dikuasai oleh bug ini.

Cara yang kedua adalah dengan mengganti password akun-akun di internet, baik itu jejaring sosial atau yang lainnya secara berkala. Akan lebih baik jika Anda tidak memberikan username atau password yang sama untuk semua akun-akun tersebut.

Lebih lanjut, jika Anda menerima notifikasi untuk pengecekan keamanan dari situs tertentu seperti Google berupa konfirmasi kode yang biasanya dikirim lewat SMS, sebaiknya segera dilakukan.

Cara yang terakhir adalah berperan aktif dengan mencari tahu apakah situs yang memiliki akun Anda benar-benar aman dari serangan Heartbleed. Ada kemungkinan besar jika situs-situs 'kecil' di luar sana banyak yang masih belum sadar akan potensi berbahaya bug ini. Oleh sebab itu ada baiknya Anda sering memonitor pengeluaran atau penarikan 'aneh' di akun-akun banking Anda.

Untuk mengetahui situs yang Anda kunjungi aman dari serangan Heartbleed atau tidak, Anda bisa mengeceknya disini .