Merdeka.com --- Teknologi memang ada untuk mempermudah kerja yang dilakukan masyarakat. Sepertinya pengertian itu benar-benar dipahami Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Ia tetap berupaya ingin dapat melakukan kontrol kondisi pintu air dan waduk di DKI Jakarta.

Ahok mengatakan, sebenarnya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah memasang closed circuit television (CCTV) di pintu air. Tapi sayangnya koneksi komunikasi, jaringan telepon yang belum mencapai pintu air dan waduk menjadi kendala dalam pemberdayaannnya.

"Semua CCTV terpasang cuma tidak ada koneksi internet dan telepon. Padahal kalau mau bisa dipakaikan harus nyambung ke Telkom," katanya di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (15/1).

Untuk mengatasi hal tersebut, mantan Bupati Belitung Timur ini akan menggunakan four generation technology (4G). Dalam dunia komunikasi seluler, 4G merupakan teknologi hasil pengembangan dari 3G. Sehingga tidak memerlukan kabel dalam tramisi datanya.

Sehingga, Pemprov DKI Jakarta hanya tinggal menyediakan router dan modem untuk terkoneksi dengan jaringan seluler. Namun, Ahok masih belum mengetahui apakah dengan cara ini akan efektif.

"Makanya sekarang kita akan gunakan teknologi baru, 4G. Kita mau pasang dengan jaringan WiFi. Tapi kita gak tau berhasil atau gak ini," tandasnya.

194935_620