Teknoup.com --- Layanan pesan instan BlackBerry Messenger bakal muncul iklan sponsor. Hal tersebut diketahui dari bocoran screenshot changelog yang menjelaskan perihal Ads Experience di BBM terbaru. Melalui akun Twitter @djghettoredneck, screenshot tersebut diambil dari BlackBerry Beta Zone untuk BBM Android.

Iklan sponsor ini akan tampil di dua area berbeda, yakni di bagian tab Invites dan tab Updates. Iklan tersebut berupa sponsored invites dan sponsored channels. Sepintas, metode ini mengingatkan iklan sponsor yang diterapkan oleh Twitter di layanannya.

Seperti yang diketahui, Twitter menyisipkan tweet bersponsor disela-sela tweet dan akun bersponsor di bagian Trending Topics.

Menurut catatan tersebut, iklan sponsor di BBM hanya akan tampil di versi yang tengah diujikan. Kemungkinan iklan sponsor tidak tampil di versi sekarang atau lebih lama, karena belum mendukung fitur ini.

Langkah menerapkan iklan di BBM tak lain sebagai salah satu cara BlackBerry menghasilkan pendapatan. Sebab dengan digratiskannya BBM pada BB10 serta BBM lintas platform, praktis pendapatan BlackBerry dari layanan ini menghilang. Untuk itu BlackBerry perlu merubah strategi dari menarik pendapatan yang sebelumnya melalui pengguna menjadi pendapatan melalui iklan.

Namun apakah nantinya iklan sponsor ini akan mengganggu kenyamanan pengguna dalam memakai layanan BBM, ataukah bisa saling menguntungkan pengguna, pengiklan, dan BlackBerry?

main.[9]