Sosok penyelamat bumi mungkin sepertinya hanya ada dalam cerita-cerita fiktif superhero aja ya. Tapi, tahu nggak sih, ternyata ada lho beberapa manusia biasa yang mampu menyelamatkan dunia dengan cara yang berbeda-beda. Bahkan berkat mereka, jutaan hingga miliaran orang bisa terselamatkan.

Siapa aja sih? Nah, berikut adalah sosok para manusia hebat ini.

Stanislav Yevgrafovich Petrov

Apa yang dilakukan oleh kolonel angkatan udara Soviet ini benar-benar keren. Saat itu, Amerika Serikat dan Uni Soviet tengah gencar-gencarnya saling melakukan serangan. Hingga satu hari, terdengar alarm rudal kiriman dari negeri Paman Sam menuju negara komunis ini. Untungnya saat itu Petrov mengatakan jika alarm itu palsu. Jika ia melaporkan serangan ini, bukan nggak mungkin kedua negara bakal berperang dan berpotensi menghancurkan dunia.

Vasili Alexandrovich Arkhipov

Sama seperti yang dilakukan Petrov, Vasili sanggup berpikir jernih saat kapal selam Soviet dikepung beberapa armada perang Amerika Serikat bersenjata lengkap. Alih-alih saling serang, ia justru memerintahkan anak buahnya untuk naik ke permukaan dan menunggu perintah dari Moskow. Seumpama terjadi pertikaian saat itu, mungkin perang nuklir terdahsyat di dunia bakal terjadi.

James Blunt

Meskipun sekarang dikenal sebagai musisi, dulunya James Blunt adalah seorang tentara Inggris. Saat bertugas, ia pernah ditempatkan di Kosovo dan berhasil menghindari konfrontasi yang bisa memicu perang dunia ketiga. Diketahui, saat itu ia menolak provokasi Rusia yang menginginkannya untuk menyerang sebuah lapangan udara.

Wah, bisa dibayangkan nih betapa berbedanya dunia sekarang ini tanpa sikap dan keputusan mereka di saat krusial.