Nggak hanya kerajinan tangan atau pun benda-benda bernilai seni aja nih yang diminati pasar luar negeri dari Indonesia. Tercatat, banyak pula produk urban dalam negeri yang udah dijadikan langganan beberapa negara besar. Bahkan ada beberapa produk telah diekspor hingga sepuluh tahun lebih. Nah, berikut adalah daftarnya.

Seragam militer Sritex

Banyak barang tekstil yang udah diproduksi di tempat ini, salah satunya adalah pakaian militer. Sukses menjadi langganan TNI dan Polri sejak tahun 1992, hasil karya mereka pun akhirnya berhasil dimanfaatkan oleh NATO dan menjadi salah satu brand yang paling recommended saat ini untuk pembuatan seragam tentara.

Indomie

Nggak hanya dari Sabang hingga Merauke aja, produk makanan instan ini juga udah mulai dikenal di dunia. Diproduksi oleh PT Indofood Sukses Makmur, Indomie udah diekspor ke 80 negara selama hampir 20 tahun. Agar makin memperkuat eksistensinya, mereka juga menjalin kerja sama dengan negara tujuan ekspor.

Tongsis

Nah, pasti udah tahu kan kegunaan alat praktis ini. Yup, tongsis digunakan untuk mengambil foto selfie dengan angle yang lebih baik. Siapa yang menyangka jika produk ini udah merambah hingga ke Asia Tenggara. Bahkan di Jepang, China dan Korea Selatan, alat ini sepertinya bukan benda yang asing.

Selain mampu membuat produk berkualitas, barang-barang kreatif dalam negeri pun punya pangsa pasar yang bagus di luar negeri. Salut deh!