Indonesia adalah salah satu negara paling lengkap di dunia. Nggak hanya punya kekayaan alam aja, negeri ini juga diberkahi dengan keindahan alam yang nggak ada bandingannya. Bahkan beberapa tempat di bumi pertiwi udah dikenal oleh jutaan orang turis mancanegara. Sayangnya, beberapa tempat yang keren itu kini mulai mengalami kerusakan yang cukup serius.

banner-ads

Nah, berikut adalah beberapa tempat di Indonesia yang mulai mengalami berbagai kerusakan.

Ranu Pani, Jawa Timur

Pesona danau yang ada di kaki Gunung Semeru ini emang udah terbukti, bahkan pernah juga dijadikan latar salah satu film. Tapi, sayangnya tempat indah ini kini mulai mengalami risiko penyempitan tiap tahunnya. Sampah, endapan lumpur serta tumbuh pesatnya eceng gondok membuat pintu menuju pendakian gunung tertinggi di Jawa Timur tersebut dalam kondisi yang cukup memprihatinkan. Untuk itu, warga desa setempat melakukan kegiatan suka rela, walaupun hanya sedikit sekali membantu.

Sendang Biru, Jawa Timur

Keindahan alam Pantai Sendang Biru yang ada di Kabupaten Malang, Jawa Timur ini perlahan mulai berkurang. Tumpukan sampah membuat pantai ini jadi nggak indah lagi. Belum lagi abrasi parah di salah satu bagian pantai yang turut mengurangi kerennya pesona tempat yang dijadikan pelelangan ikan ini.

Hutan Hujan Tropis Sumatra

Sebagai salah satu paru-paru dunia, keberadaan hutan hujan tropis di Sumatra sangat penting. Nggak hanya itu, areal seluas 2,5 juta hektare ini adalah tempat dari berbagai spesies unik dan langka baik hewan maupun tumbuhan. Sayangnya, tempat yang menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO ini makin lama makin terancam rusak. Illegal logging, pembukaan lahan hingga pembakaran hutan membuat areal hijaunya berkurang secara drastis.

Peran serta masyarakat sangat dibutuhkan agar pesona indah tempat tersebut mampu dijaga dan dipertahankan dalam waktu yang lama.