Trend belanja online kini makin mewabah. Orang lebih suka belanja online karena ngerasa lebih simpel dan nggak mau repot. Tetapi dengan banyaknya transaksi online ketika belanja online loe, harus lebih waspada ketika hendak melakukan belanja online.Banyak juga lho pedagang online tipu-tipu. Belum lagi, maraknya maleware, trojan dan spyware. Buat yang awam dengan dunia software, mesti hati-hati jika mau melakukan transaksi belanja online. Nih triknya:

Ketika loe tertarik dengan suatu barang, lihat web jual belinya. Web yang terpercaya biasanya lebih minim penipu. Baca juga testimonial dalam web tersebut. Semakin banyak testimony yang bagus, loe bisa menilai kualitas web tersebut.

Mencari barang murah, siapa sih yang nggak tertarik? Tetapi untuk menjaga transaksi loe, sebelum menentukan membeli barang di web jual beli online, komparasikan harga yang ada di web tersebut dengan web lainnya. Harga setara kualitas. Kalau orang menjual jauh di bawah harga pasar, pasti akan merugi. Loe patut curiga dengan orang yang menjual barang dengan harga di bawah harga umumnya.

Kalau loe tertarik membeli suatu produk online, lakukan browsing mengenai produk yang loe ingini. Tujuannya agar loe lebih mengenal produk tersebut, bisa mengetahui kelebihan dan kekurangannya.

Transaksi ini rasanya paling aman untuk melindungi rekening kartu debet atau kartu kredit anda. Jadi Dengan Cash on Demand tranksaksi secara langsung di suatu tempat yang disetujui pembeli dan penjual. Atau kalau dengan cash on delivery, loe bisa membayar ketika barang yang loe terima benar barang yang loe pesan. Cara ini menjadi cara paling aman agar gak ketipu kalau berbelanja online. Loe bisa curiga kalau penjual gak bisa atau gak mau diajak COD, adalah penipu.

Rekber adalah salah satu jasa perantara antara pembeli dan penjual. Biasanya dimiliki pemilik web, misalnya Kaskus, yang banyak dipakai orang. Dengan adanya rekber, penipuan bisa diminimalisir. Caranya, uang yang ditransfer akan ditahan oleh pemilik rekber, jika barang yang dipesan sesuai spek yang dijanjikan dan telah diterima, maka pemilik rekber akan mengirim ke pihak penjual. Walau begitu carijasa rekber yang terpercaya Bro.

Nggak beli langsung atau melalui online, loe juga mesti tanyakan soal garansi produknya. Kalau ternyata nggak cocok dengan yang loe baca di spek web, loe bisa klaim untuk menukarkan atau mengembalikan barang dengan jaminan uang kembali.