Beragam hal bisa dijadikan bisnis. Kamu yang memang hobi memasak, bisa membuka jasa catering, cafe atau resto kecil. Atau mungkin kamu hobi ngeband, bisa membuka studio musik sebagai ladang untuk berbisnis.

Tapi pernahkah kamu berpikiran untuk mebuka sebuah toko yang menjual logam mulia, seperti emas? Emas menjadi bentuk investasi jangka yang disukai banyak orang karena memiliki banyak kelebihan dan juga banyak tipe.

Kamu bisa memulainya dengan menginvestasikan uang yang kamu simpan untuk membeli emas batangan. Kenapa harus emas batangan? Karena emas batangan memiliki kadar keaslian hampir 100%, lebih tepatnya 99,99%. Setelahnya, kamu bisa bekerja sama dengan toko emas yang terkenal atau pengrajin emas untuk mengadakan kerjasama.

Lagipula emas disukai sebagian besar kaum hawa. Baik untuk dipakai sebagai perhiasan atau aksesoris atau sebagai bentuk investasi jangka panjang. Berikut ini adalah kekurangan dan juga kelebihan dari berbisnis toko emas.

Kekurangan:
Penyimpanan tidak praktis karena emas berbentuk fisik.
Rawan dalam pengamanan dari tindak pencurian dan perampokan.
Dana untuk mengambil emas baru bisa macet.
Tidak ada cash flow setiap bulannya karena biasanya pembeli akan membeli emas saat harga turun dan menjualnya saat harga tinggi.
Terkena pajak yang cukup tinggi jika memiliki toko emas perhiasan.

Kelebihan:
Memiliki emas menjadikan bisnis kamu antikrisis dan juga inflasi.
Bentuknya nyata (riil) atau berwujud benda, tidak seperti saham.Baik itu emas koin, emas biji, atau emas batangan.
Mendapatkan keuntungan dari biaya produksi atau pembuatan model perhiasan.
Emas merupakan logam mulia yang memiliki umur lama dan antikarat.
Bebas biaya pajak dan administrasi untuk kamu yang lebih banyak menyimpan emas batangan.

Ingat! semua bentuk dan bidang bisnis memiliki resiko. Jadi behati-hati dan punya strategi adalah kunci dalam berbisnis. Selamat berbisnis Bro!