Hari ini diperingati sebagai Hari Buruh dan tanggal muda untuk sebagian orang. So, udah puas dengan gaji loe yang sekarang atau pengen nuntut lebih banyak lagi? Well, harga kebutuhan makin meningkat emang udah harusnya gaji disesuaikan, tapi emang nggak semudah itu dilakuin Bro karena perusahaan tentunya harus mempertimbangkan banyak hal.

Ngerti banget kalau loe juga punya banyak banget tanggungan, termasuk biaya buat oleh-oleh mertua ketika loe kencan yang juga harus ada budget-nya sendiri. Tapi, setidaknya loe nggak se-‘ngenes’  seperti para buruh di beberapa negara berikut.

Afganistan

Gimana sih rasanya bekerja di tempat yang lagi banyak konflik di mana-mana? Itulah yang dirasakan para pekerja Afganistan. Makin komplit sengsaranya ketika gaji yang mereka dapatkan ternyata sangat sedikit. Tercatat, cuma sekitar Rp 6.270 perjam mereka dibayar. Untungnya biaya hidup sangat terjangkau di sana. Gaji segitu mah loe bakal diputusin!

India

Buat loe yang pengen bangun pabrik dan butuh banyak karyawan maka India adalah tempat yang pas buat loe buka lowongan kerja. Gimana nggak, sebagai salah satu negara paling tinggi populasinya, udah barang pasti kalau negeri Bollywood ini surplus jumlah buruh. Mereka rela mendapatkan bayaran Rp 3.000 per jam. Kurang bersyukur apa lagi nih yang ada di Indonesia?

Indonesia

Aneh nggak sih masukin negara sendiri dalam daftar ini? Sama sekali nggak, Bro! Meskipun katanya udah lebih maju dari negara tetangga, Indonesia kalah telak masalah pendapatan pekerja. Rata-rata buruh di Indonesia mendapatkan bayaran Rp 8.000an per jam, bandingkan dengan Rp 35.000 yang diperoleh pekerja Vietnam. Udah gitu masyarakat negeri ini masih dibebani dengan harga barang dan BBM yang makin naik.

Setidaknya masyarakat Indonesia masih jauh lebih baik dari negara lain, meskipun sebenarnya keadaan sendiri cukup miris. That’s why, ini saatnya loe bergerak cepat dan bikin sendiri lapangan pekerjaan untuk membantu sesama dan diri sendiri. Siap?