Ciri khas nggak hanya wajib dimiliki oleh para penyanyi aja, politikus pun wajib punya karakteristik khusus agar bisa lebih dikenal. Nah, ciri ini juga macam-macam, Bro. Ada gesture, kebiasaan, hingga speech. Sangat unik ketika mengulik ciri pidato mantan presiden wanita kita, Megawati. Sambil nemenin loe minum kopi pagi, flashback yuk dengan ciri-ciri ketua umum PDIP ini!

Merdeka

Jargon satu ini kayaknya udah trademark Megawati. Kalau loe perhatiin baik-baik, wanita tangguh ini kerap kali mengucapkan kata merdeka pada setiap bagian pidatonya. Entah opening, di intinya atau closing. Cara ini cukup ampuh untuk menaikkan moral para loyalisnya dan bikin sidang atau rapat jadi lebih hidup. Merdeka!

Menangis

Setangguh apa pun seorang wanita, pasti punya sifat sensitif yang kadang munculnya nggak terduga. Seperti Megawati yang kerap menangis sambil menyuarakan aspirasinya. Misalnya aja ketika ia memimpin rapat kongres IV PDIP beberapa waktu yang lalu. “Akhirnya dengan penuh rasa syukur dan dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, Kongres IV PDI Perjuangan dengan resmi saya nyatakan dibuka,” ungkapnya sambil menangis.

Soekarno

Publik khususnya simpatisan PDIP selalu mengaitkan Megawati dengan sosok presiden kita yang pertama, Soekarno. Sang proklamator ini juga kerap menjadi bahan pidato Mega yang cukup dinanti para kader maupun loyalisnya. Dengan bangga dan fire up, Megawati sering menceritakan kisah-kisah heroik Presiden Soekarno dan hal tersebut cukup ampuh menaikkan atensi para pendengar.

Kira-kira ada ciri lain yang loe kenal dari istri almarhum Taufik Kiemas ini? Share it on comments!