Talkmen.com --- 7 kriminalitas hacker yang mulai mengkhawatirkan.

Para kriminal cyber bisa menguasai dunia perlahan-lahan.   Semakin canggih sebuah teknologi, semakin rentan keamanannya. banner-ads

Anda pencinta gadget? Anda hobi mengutak-atik segala sesuatau yang berbau komputer dan teknologi? Setelah membaca daftar di bawah ini, saya yakin Anda akan merasa ketinggalan zaman dengan hal-hal berbau kriminalitas.

Teknologi telah jauh melenceng, bahkan telah banyak menjadi senjata utama para kriminal yang tidak bisa menggunakan kekerasan secara langsung pada korbannya. Berikut kami bahas 7 kejahatan hacker yang mulai mengkhawatirkan:

GoPro adalah kamera mata-mata

 

Para videographer profesional dan amatir mulai banyak yang mencintai kamera GoPro. Menyenangkan jika dibayangkan, menaiki sepeda dengan GoPro terpasang di kepala misalnya. Terkoneksinya GoPro dengan internet adalah salah satu alasan terbesar mengapa banyak orang yang menyukai kamera ini. Namun seiring dengan canggihnya fungsi sebuah device, resiko kedatangan penyerang semakin terbuka lebar. Jangan mengambil video sembarangan dengan GoPro, karena terkoneksinya kamera ini dengan internet akan memudahkan hacker untuk menerobos video-video yang mungkin bersifat pribadi.

Kunci palsu dengan printer 3D

 

Apa artinya jika 3D printer telah mulai dipasarkan secara bebas? Tingkatkan keamanan bagi rumah Anda dan barang-barang penting lainnya. 3D printer memang alat yang canggih, bahkan sebuah tiruan senjata berapi dapat dibuat dengan mudah. Kunci rumah Anda yang biasanya memiliki kemiripan dengan bentuk-bentuk kunci rumah pada umumnya akan mudah untuk dibobol. Penggunaan 3D printer adalah cara yang akan ditempuh parahacker jika mereka tidak bisa membobol apa yang diinginkan melalui komputer. Seems like geeks are ready to conquer the world..

Seseorang bisa menyadap pembicaraan Anda

 

Tidak peduli Anda menggunakan sistem layanan CDMA atau GSM, handphone Anda kini tidak lagi aman sepenuhnya. Seorang hacker mengaku bahwa ia memiliki alat yang bisa digunakan untuk mendengar pembicaraan telpon siapapun yang diinginkannya. "Aku memiliki sebuah kotak di mejaku yang bisa terkoneksi dengan handphone Anda dan akan menerima panggilan telpon, SMS, e-mail dan penggunaan koneksi internet dengan mudah. Aku adalah pemilik alat ini, aku bisa mengawasi apapun, Anda tidak akan pernah tahu jikahandphone Anda terkoneksi dengan alat ini."

Alat yang dimaksud bernama femtocell, yang biasanya dijual seharga $250 dan digunakan sebagai signal booster. Alat ini memang akan melacak traffic yang ada dalam sebuah handphone tanpa konfirmasi.

Aktivitas Anda di rumah bisa diawasi sepenuhnya

 

Lihatlah di rumah Anda, teknologi canggih apa yang Anda miliki saat ini? Ambillah contoh sebuah smart TV yang memiliki webcam dan tentu saja terkoneksi dengan internet. Tanpa Anda ketahui, seorang hacker bisa menyusup dan menggunakan webcam tersebut sebagai 'matanya'. Ia akan menatap Anda ketika Anda menyaksikan TV atau tidak, tanpa sepengetahuan Anda. Alat-alat canggih lain yang terkoneksi dengan Wi-Fi atau Bluetooth di rumah Anda juga perlu diwaspadai keamanannya.

Hacker bisa mengontrol mobil yang sedang Anda kendarai

 

Meretas mobil adalah sesuatu yang menjadi trend tahun ini. Mulai dari para hacker amatir, raksasa otomotif Ford hingga Google berlomba-lomba untuk memamerkan mobil tanpa pengendara yang mereka ciptakan. Apa yang mengerikan hal ini? Bayangkan jika Anda bekerja pada pemerintah, Anda diberi sebuah mobil dinas namun Anda tidak mengetahui bahwa mobil tersebut telah disabotase. Sedikit kesalahan dan Anda bisa dibuat 'menghilang' bersama mobil tersebut. Wait, ini hanya contoh fiktif. Anda bisa memikirkan kemungkinan buruk lain yang bisa diciptakan oleh teknologi mobil tanpa supir ini.

Mandi uang ala hacker

 

Anda mungkin pernah melihat adegan ketika John Connor meretas sebuah ATM dengan komputer Atari dalamTerminator 2. Well itu bukanlah sesuatu yang tidak mungkin, karena pembobolan ATM menggunakan kecerdasan otak alih-alih merusak mesinnya memang bisa dilakukan. Hacker mungkin akan lebih memilih berurusan dengan perusahaan besar untuk menghasilkan uang yang lebih banyak, namun tidak jarang mereka memanfaatkan ATM yang memiliki keamanan minim untuk mengambil beberapa lembar uang. Jika sistem ATM di Indonesia tetap seperti sekarang, bukan tidak mungkin pengambilan uang di mesin ATM secara diam-diam akan menjadi trend ketika para hacker mulai keluar dari sarangnya.

Hacker bisa mematikan pembangkit listrik tenaga nuklir

 

Koneksi wireless telah menjadi alat bantu yang sangat penting untuk mengontrol pembangkit tenaga listrik yang menggunakan berbagai sumber. Wireless network juga membantu pengontrolan nuklir, minyak, gas hingga fasilitas air yang ada. Namun seperti yang telah dikatakan, kecanggihan teknologi bisa berarti kecanggihan parahacker bisa semakin bertambah. Para ahli mengatakan bahwa hacker yang berjarak tidak jauh dari 40 mil dari sekitar lokasi bisa menerobos pertahanan sebuah pembangkit listrik. Mereka bisa mengubah data-data yang ada untuk merusak kinerja tempat tersebut, bahkan bisa mematikan seluruh fungsi yang ada. Berbahaya? Kita berbicara tentang nuklir, so yeah..