Talkmen.com --- Sepatu memang merupakan salah satu sahabat pria setelah alat musik. Tidak percaya? Sepertinya Anda harus percaya dan bertanyalah kepada beberapa sahabat Anda. Dan dari beberapa jenis sepatu, sneakers menjadi salah satu barang favorit untuk dikoleksi.

Pria biasanya tidak sayang untuk menghamburkan uang untuk hal-hal yang mereka sukai, termasuk sneakers. Tetapi, memiliki banyak sneakers bagus dan mahal saja tidak cukup jika Anda tidak pintar dalam merawatnya.

Anda ingin tahu bagaimana langkah-langkah mudah merawat sneakers Anda agar tetap awet dan tetap tampil menarik? Bacalah tips mudah berikut ini:

Keep the box

Anda terbiasa membuang kardus sneakers Anda? Sebaiknya hilangkan kebiasaan yang satu ini, karena ini merupakan langkah termudah dalam merawat sneakers Anda.

Selain untuk menjaga kerapian koleksi sneakers Anda, menyimpan box juga berguna untuk menjaga sepatu Anda dari debu dan udara lembab yang bisa merusak sneakers kesayangan Anda. Kardus orisinil juga menambah harga jual sneakers Anda jika suatu saat ingin Anda jual.

4

Saat Anda membeli sneakers, biasanya terdapat karton pengganjal dalam sepatu Anda. Simpan karton tersebut dan pasanglah kembali kepada sneakers Anda jika Anda sedang tidak memakainya agar sneakers Anda tidak tertekuk dan tetap memiliki bentuk seperti saat Anda membelinya.

Use some silica gel

1

Jika Anda menyimpan sneakers Anda didalam kardus, biasakan untuk menaruh satu hingga tiga bungkus silica gel.Silica gel akan berguna untuk menjaga stabilitas udara dalam kardus sneakers Anda, yang pastinya akan menghindarkan sneakers Anda dari jamur dan kelapukan.

Saat Anda membeli sepatu baru termasuk sneakers, pasti Anda akan menemukan satu hingga dua bungkus silica gel didalam kardusnya. Ya, sepatu Anda terlindungi dengan silica gel sejak sepatu tersebut masih didalam pabrik untuk menjaga daya tahannya.

Ziplock for the better protect

2

Anda merasa kardus dan silica gel tidak cukup? Anda bisa menggunakan alternatif lain untuk membuat koleksi Anda semakin aman. Gunakan plastik ziplock untuk menjaga udara dan kadar kelembaban sepatu Anda. Jadi Anda tidak perlu takut sneakers Anda kering atau berkerak karena jamur yang membandel.

Ziplock dengan mudah bisa Anda beli di toko plastik. Sesuaikan ukuran ziplock dengan ukuran sneakers Anda. Jangan mencari ziplock yang berukuran terlalu besar karena akan menampung lebih banyak udara dan menjadi resiko bagi koleksi Anda. Pastikan Anda memasukkan silica gel didalam ziplock untuk membantu menjaga tingkat udara dalam ziplock.

Keep your sneakers clean and dry

5

Sebelum Anda menyimpan sneakers Anda untuk jangka waktu yang cukup lama, pastikan Anda membersihkan sneakers Anda dan mengeringkannya. Jangan mengeringkannya dengan panas yang langsung dan terik, gunakan dryer dan lapis sneakers Anda dengan koran terlebih dahulu saat mengeringkannya.

Gunakan juga cairan-cairan pembersih khusus untuk menjaga warna dan bahan sneakers Anda. Dari segi harga memang cukup menguras kantong, tetapi untuk merawat koleksi Anda, rasanya tidak perlu berpikir panjang untuk membeli produk perawatan untuk sneakers Anda.

Biasakan bersihkan sneakers Anda sebelum Anda menyimpannya, karena noda atau kotoran yang Anda biarkan akan semakin membandel dan semakin sulit hilang jika sudah terlalu lama dibiarkan.

Nah, merawat sneakers memang bisa dibilang mudah, tetapi ketelitian dan kerajinan adalah modal utama dalam hal ini. Jika Anda malas dalam merawatnya, jangan harap untuk memiliki sneakers yang awet dan tahan lama baik dari segi bahan maupun bentuk. Keep your sneakers clean and save when you keep it inside the box, lads!