Teknoup.com --- Produksi chip yang akan digunakan untuk Apple iPhone 6 dikabarkan telah mulai dilakukan. Menurut kabar dari AFP, produksi chip A8 ini dilakukan oleh Taiwan Semiconductor Manufacturing Co (TSMC), yang menggantikan posisi Samsung sebagai suplier chip yang digunakan pada iPhone generasi sebelumnya. Sumber AFP memperoleh informasi ini dari sumber jaringan suplai Apple di Taipei.

Menurut The Financial Times, iPhone 6 akan memakai layar 4,7 inci, lebih besar dari iPhone sebelumnya. Diprediksikan bahwa iPhone 6 ini akan mulai tersedia pada awal kuartal ketiga tahun 2014 mendatang.

Tahun lalu WSJ pernah melaporkan bahwa eksekutif TSMC dan Apple telah menandatangani kerjasama pembuatan chip A8 tersebut. Langkah tersebut dilakukan untuk mendiversifikasi penyuplai komponen iPhone sehingga mengurangi ketergantungan Apple kepada Samsung, rekanan sekaligus rival baik dalam penjualan smartphone maupun di pengadilan.

ALeqM5iBAZWZO-2Ri5UQoA8KUzSjdULTTw

Pihak TSMC sendiri menolak berkomentar atas kabar ini. Namun demikian kabar ini telah melambungkan harga saham TSMC di bursa Taiwan.