Chris John akhirnya mengumumkan secara resmi pensiun dari dunia tinju, Kamis (19/12) di Jakarta. Setelah mengalami kekalahan pertama dalam kariernya dari Simpiwe "V12" Vetyeka, 6 Desember lalu, di Perth, Australia, kata "gantung sarung tinju" pun dikeluarkan petinju kelahiran Banjarnegara, Jawa Tengah, tersebut.

Setelah kekalahan TKO di awal ronde ketujuh tersebut, Chris memang sudah mengisyaratkan rencananya untuk pensiun. Rencana tersebut pun akhirnya terwujud. Keputusan ini juga mengakhiri 10 tahun perjalanannya sebagai pemegang gelar juara kelas bulu WBA.

"Dari pertandingan terakhir kemarin, saya introspeksi diri. Saya menyadari, secara fisik sudah tidak sefit dulu. Mungkin ini memang sudah waktunya untuk pensiun," kata Chris John yang dihubungi Kompas.com melalui telepon.

"Ini lebih ke faktor dari dalam diri saya sendiri. Saya sadar, sudah berat kalau harus mengembalikan kondisi fisik seperti ketika masih muda dulu."

Petinju 34 tahun tersebut mendapatkan gelar WBA pertamanya berkat kemenangan atas petinju Kolombia, Oscar Leon, pada pertandingan di Bali, 26 September 2003. Setelah itu, dia berhasil mempertahankan gelarnya dalam 18 pertandingan.

Chris John menyelesaikan 52 pertandingan dalam karier profesionalnya, dengan 48 kemenangan (22 dengan KO), tiga kali seri, dan sekali kalah.

#RespectforChrisJohn

 

 

Sumber: kompas