Setelah melalui persaingan sengit sejak beberapa bulan yang lalu, kemudian berhasil mengungguli perolehan suara sementara, akhirnya Joko Widodo resmi dilantik menjadi presiden Indonesia ke-7 pada hari ini. Acara ini digelar di gedung MPR Kompleks Parlemen dan berlangsung tertib.

Pada pukul 10.25 wib, Jokowi beserta pasangannya, Jusuf Kalla, mengucapkan sumpah presiden dan wakil presiden. Lalu kemudian, keduanya menandatangani berkas yang berisi berita acara pelantikan.

"Demi Allah saya bersumpah, akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan dengan seadil-adilnya. Memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala Undang-undang dan peraturannya. Dengan setulusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa," kata Jokowi, kemudian dilanjutkan dengan Jusuf kalla.

Presiden sebelumnya, Susilo Bambang Yudhoyono, tampak tersenyum melihat prosesi tersebut. Usai menandatangani berita acara, SBY bertukar tempat duduk dengan Jokowi. Kemudian, secara spontanitas ayah dari Ibas Yudhoyono ini bertepuk tangan. Hadirin yang saat itu masih hikmat kemudian secara serempak mengikuti. Lalu dua orang pasangan terpilih tersebut membungkukkan badan sebagai tanda hormat.

Seperti yang diprediksikan beberapa tokoh yang disorot ternyata hadir dalam acara tersebut, misalnya adalah Prabowo dan Hatta Rajasa yang notabene adalah saingan berat Jokowi dan Jusuf Kalla. Sepertinya udah nggak ada lagi persaingan di antara mereka, bahkan presiden terpilih juga menyebut nama keduanya sebagai sahabat dalam pidato kenegaraan yang disampaikannya.