Mengganti jajaran dokter dan asisten di ruang operasi dengan robot udah jadi wacana sejak dulu. Iming-iming minimnya mal praktik hingga biaya operasional tenaga ahli yang bisa dipotong, membuat sistem ini sebisa mungkin harus diimplementasikan. Google sebagai the mother of technology saat ini rupanya melirik hal tersebut untuk dijadikan proyek mereka ke depan. Wih, kira-kira seperti apa yah?

Seperti dilansir dari Mashable, Google bakal bekerja sama dengan beberapa perusahaan untuk memuluskan proyek ini. Salah satunya adalah Ethicon yang merupakan penyedia instrumen kedokteran paling besar di Amerika.

Keduanya bakal membangun sebuah mesin canggih bernama Robotic Surgery Tools. Mashable mengatakan kalau sebenarnya Google nggak terlibat secara langsung dalam proyek super penting dunia kedokteran ini. Peran perusahaan Larry Page ini ternyata hanya sebagai software maker aja. Ethicon rencananya ingin memanfaatkan Google Machine Vision dan Image Analisys untuk mempermudah visual dalam proses operasi.

Teknologi ini juga mampu menyediakan informasi apa pun secara real time. Sehingga tiap proses bisa diamati agar nantinya mampu menghindarkan operation failure hingga 100%. Very cool!

Ethicon dan Google sendiri udah menyetujui kerja sama vital ini. Namun mereka masih menunggu diberlakukannya regulasi perihal penggunaan teknologi robotic dalam sebuah operasi. Jauh sebelum ini, para peneliti udah pernah membuat Robotic Surgery Tools tapi masih melibatkan dokter sebagai operatornya.

Dunia medis pun kini juga nggak ketinggalan untuk dibalut dengan teknologi canggih. Lagi-lagi Google sukses bikin gebrakan baru!